Sukses

Lari 5 Menit Tiap Hari Bikin Panjang Umur

Peneliti Iowa State University justru menemukan, berlari 5 menit dapat membuat seseorang panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Jika sebelumnya para ahli kesehatan menyarankan untuk berolahraga miniman 30 menit sehari agar tubuh lebih sehat dan bugar. Peneliti Iowa State University justru menemukan, berlari 5 menit saja dapat meningkatkan kualitas hidup dan membuat seseorang panjang umur.

Penelitian yang dilakukan selama 15 tahun ini menunjukkan bahwa berlari 5 menit dapat membuat seseorang hidup tiga tahun lebih lama.

"Orang mungkin tidak perlu menjalankan banyak hal untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Tapi saya berharap penelitian ini dapat memotivasi lebih banyak orang untuk mulai berjalan dan terus berlari agar terus sehat," kata pemimpin studi yang juga asisten profesor kinesiologi di Iowa State University, Duck-chul Lee, seperti dikutip Health, Senin (11/8/2014).

Penelitian yang dianggap menggembirakan ini ternyata melibatkan lebih dari 55.000 orang dewasa berusia 18 hingga 100 tahun selama 15-tahun untuk menentukan apakah ada hubungan antara berjalan dan umur panjang. Namun sekitar seperempat dari kelompok ini adalah pelari.

Peserta diminta mengisi kuesioner tentang kebiasaan berjalannya, dan siapa saja yang meninggal selama periode penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa pelari memiliki harapan hidup tiga tahun lebih tinggi dibandingkan orang yang malas bergerak. Pelari bahkan bisa menekan risiko kematian hingga 45 persen lantaran jauh dari penyakit jantung atau stroke.

Pakar Latihan Kardiologi, Dr Michael Scott Emery juga mengaku bahwa kabar ini sangat mengejutkan. "Sedikit mengejutkan bahwa berjalan 5-10 menit memiliki dampak pada kesehatan."

Meski begitu, ia mencatat bahwa berlari memiliki potensi cedera daripada berjalan, termasuk masalah sendi, keseleo pergelangan kaki, shin splints, nyeri punggung dan kekakuan otot. Maka itu, ia menyarankan pelari agar memikirkan jarak tempuh juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.