Sukses

4 Manfaat Sehat dari Pelihara Anjing

Selain jadi sahabat manusia, memelihara anjing bisa jadi mendapatkan 4 manfaat berikut.

Liputan6.com, Jakarta Anjing bisa jadi primadona hewan yang dipilih dipelihara di rumah. Selain berfungsi meramaikan suasana rumah, anjing bisa dijadikan tameng untuk menakut-nakuti orang asing masuk rumah.

Ternyata, di luar kedua hal di atas memelihara anjing berdampak positif pada kesehatan empunya. Paling tidak ada empat manfaat kesehatan yang bisa diperoleh seperti dilansir dari Live Science, Sabtu (9/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semangat berolahraga

1. Lebih semangat berolahraga

Setiap pagi atau sore, anjing akan dikeluarkan dari rumah untuk diajak berlari-lari atau berjalan. Tentu saja hal ini membuat para pemilik anjing lebih banyak melakukan aktivitas fisik dibandingkan yang tidak memiliki anjing. Menurut National Institute of Health and Welfare, pemilik anjing paling tidak berolahraga lebih banyak 30 menit dibandingkan orang lain.

2. Kesehatan secara keseluruhan lebih baik

Setelah satu bulan memelihara anjing, pemilik anjing menunjukkan perbaikan kesehatan serta lebih terlibat perilaku sehat menurut studi dalam Journal of Personality and Social Psychology.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan kesehatan mental

3. Meningkatkan kesehatan mental

Selain untuk tubuh, memelihara anjing bermanfaat pada sisi psikologis pemilik anjing. Diantaranya menurut studi pada tahun 2011, pemilik hewan peliharaan lebih bahagia, sehat dan merasa lebih baik dibandingkan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

4. Mengurangi risiko alergi

Bulu anjing seringkali jadi alasan orang enggan memelihara hewan yang satu ini. Namun menurut penelitian dalam Journal of Pediatrics menemukan fakta bahwa anak-anak yang dibesarkan bersama anjing di rumah cenderung berkurang risiko untuk terkena eksim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini