Sukses

7 Nutrisi Tunda Kebotakan

Kontrol agar kebotakan tak datang terlalu dini dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi berikut.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 20 persen pria mengalami tanda-tanda kebotakan di usia 20-an tahun seperti diungkapkan pakar rambut dr Alan Bauman, M.D. Salah satu faktor utama pencetusnya adalah genetika, namun pria bisa mengontrol agar hal tersebut tak datang terlalu dini.

"Seperti tubuh bagian lain, rambut membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan sehat," tutur ahli gizi Rania Batayneh, MPH. Oleh karena itu, rambut membutuhkan nutrisi berikut untuk tumbuh dengan baik seperti dilansir dari Details, Kamis (7/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Omega-3

1. Omega-3

Selain baik untuk kesehatan otak, asam lemak Omega-3 baik untuk kepala. Nutrisi ini akan membuat folikel rambut tumbuh dengan sehat. Selain itu, Omega-3 membuat akar rambut tumbuh kuat sehingga mengurangi jumlah rambut yang rontok.
Kandungan Omega-3 bisa diantaranya bisa didapatkan dengan makan salmon, tuna, kale, walnut, kubis.

2. Zinc

Zinc memacu pertumbuhan rambut dan memperbaiki jaringan rambut yang rusak. Selain itu, nutrisi ini bisa menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat. Zinc pun membantu mengatur hormon testosteron seimbang sehingga mampu menjaga produksi kelenjar minyak pada kulit yang membantu rambut Anda tumbuh. Dapatkan nutrisi zinc dengan makan gandum, tiram, daging sapi, hati sapi.

3 dari 4 halaman

Protein

3. Protein

Tak hanya untuk otot, rambut pun butuh protein. Jika kekurangan protein, rambut bisa mudah rontok dan berubah warnanya menjadi keabuan. Dapatkan nutrisi protein dengan mengonsumsi yogurt, kale, kacang, kacang panjang, tahu dan ayam.

4. Zat besi

Zat besi membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan memberikan nutrisi ke seluruh tubuh. "Banyak dokter yang melihat hubungan antara perawatan dengan mengonsumsi zat besi dan meningkatkan pertumbuhan rambut," ujar Bauman.
Dapatkan manfaat nutrisi zat besi dari daun-daunan hijau, daging merah, tiram.

4 dari 4 halaman

Vitamin C

5. Vitamin A dan C

Kedua vitamin di atas membantu produktivitas sebum, kandungan minyak yang terdapat pada kulit kepala. Kulit kepala yang lembab menjaga akar rambut tak mudah rontok. Oleh karena itu sisipkan bayam, brokoli, kentang, labu yang kaya kedua vitamin tersebut dalam menu sehari-hari.

6. Magnesium

Inilah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut menurut National Institute of Health. Sayangnya, sekitar 68 persen orang dewasa Amerika Serikat kekurangan mineral ini menurut penelitian dari Medical University of South Carolina. Akibatnya rambut pun mudah rontok. Dapatkan nutrisi magnesium dengan makan almond, bayam, kacang mete, kacang, beras merah dan halibut.

7. Selenium

Meski jarang terdengar, namun seleniun berperan penting merangsang folikel rambut tumbuh. Dapatkan nutrisi selenium dengan makan halibut, sarden, daging sapi dan tuna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.