Sukses

Menkes Bersyukur Jumlah Kematian & Kecelakaan Mudik Turun

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi bersyukur karena jumlah kecelakaan dan mudik tahun ini menurun.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku bersyukur karena jumlah kecelakaan dan mudik tahun ini menurun. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari turunnya jumlah pemudik bermotor.

"Jumlah kecelakaan menurun sebanyak 18,2 persen. Yang meninggal juga menurun 598 orang persen, menurun 17,3 persen dibanding 2013. Luka berat 831 orang, menurun lebih banyak 21 persen dibanding tahun lalu," katanya saat disambangi usai halal bihalal antar jajaran pegawai Kementerian Kesehatan di Kuningan, Jakarta, Senin (4/8/2014)

Dengan begitu, Menkes menilai, upaya pencegahan kecelakaan yang selama ini paling besar didominasi oleh pemudik motor juga bisa dikurangi. Selain itu, upaya pemeriksaan kesehatan supir bus, masinis juga ternyata efektif.

"Sebagian besar kecelakaan karena sepeda motor. Juga peringatan dari awal, hati-hati naik motor. Ibu-ibu bawa anak dan sebagainya. Disamping itu, posko kesehatan juga baik seperti jumlah posko ditingkatkan, jarak antar posko ditingkatkan, rujukan kecelakaan dengan ambulance jua ditingkatkan. Artinya, kerjasama lintas sektor juga lebih baik. padahal jumlah pemudik makin banyak," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini