Sukses

Ini Penyebab Munculnya Ketombe

Tak hanya membuat tampilan rambut terlihat kotor, rasa gatal pun sering mendera rambut berketombe.

Liputan6.com, Jakarta Masalah ketombe di rambut memang menyebalkan. Tak hanya membuat tampilan rambut terlihat kotor, rasa gatal pun sering mendera.

Banyak orang berpikir bahwa ketombe yang dalam istilah medis disebut ptiariasis sika diakibatkan oleh kulit kepala yang kering. Ternyata, menurut Journal of Cosmetic Science ketombe berasal dari jamur di kulit kepala.

Seperti dilansir prevention, Selasa (15/7/2014) hal ini diketahui lewat penelitian yang memeriksa minyak kulit kepala terhadap 23 orang berketombe dan 23 orang berkulit kepala sehat. Ternyata, pada orang berketombe minyak kulit kepala alami menembus lebih dalam permukaan kulit kepala. Lapisan ini jadi tempat tumbuh subur jamur yang menyebabkan ketombe.

Melassezia, inilah sebutan untuk jamur tersebut. Jamur ini menyebabkan kulit kepala mengelupas terus menerus yang menganggu pergantian sel sehat. Hasilnya serbuk-serbuk putih yang kita sebut ketombe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini