Sukses

Telinga Gadis Ini Ditumbuhkan dari Pergelangan Tangan

Ganasnya serangan hewan berukuran sedang ini sampai-sampai membuat telinga kanan, hidung, dan bibirnya rusak parah.

Liputan6.com, Jakarta Nasib malang menimpa, Charlotte Ponce, 11, saat bayi ia diserang mamalia khas Amerika Utara, rakun. Ganasnya serangan hewan berukuran sedang ini sampai-sampai membuat telinga kanan, hidung, dan bibirnya rusak parah.

Beruntung, teknologi operasi bedah yang makin canggih membuatnya pada April lalu menjalani operasi transplantasi telinga buatan. Selama tujuh jam, ia dioperasi untuk memasang telinga kanan yang terbuat dari tulang rawannya yang ditumbuhkembangkan di pergelangan tangan kanannya.

"Kondisinya sekarang baik dan kami terus memantau aliran darah ke telinga barunya," tutur Dr Kongkrit Chiayasate, dokter bedah plastik yang mengoperasi Charlotte dari  Beaumont Children's Hospital.

Seperti dilansir laman ABC News, Minggu (13/7/2014), ini adalah operasi ke 10 sejak tahun 2012 untuk mengembalikan telinga kanannya. Menurut Chiayasate, Charlotte masih butuh pembedahan lagi untuk memperbaiki beberapa bagian.

"Dua tahun lalu ia tidak mau melakukan kontak mata dan bicara sama sekali. Namun dua tahun terakhir ini ia memiliki kepercayaan diri," tambah Chiayasate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.