Sukses

Tak Ada Jamu yang Bisa Detoks Tubuh

Kadang beberapa orang percaya, untuk menghilangkan racun tubuh dilakukankan detoks tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kadang beberapa orang percaya, untuk menghilangkan racun tubuh perlu detoks tubuh. Detoksifikasi bisa dilakukan denan banyak cara seperti puasa, mengonsumsi beberapa sayuran atau buah dalam jangka waktu tertentu atau menjaga pola makan. Tapi tidak dengan minum jamu. Karena ternyata tidak ada jamu yang bisa membersihkan racun dalam tubuh.

"Nggak ada jamu untuk detoks. Seseorang hanya perlu tahu kadar ureum dan kreatinin yang normal. Jika melebihi batas, maka dokter biasanya hanya memberikan tindakan untuk membuatnya lebih baik," kata Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB saat ditemui wartawan di Demang Resto, Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Abrijanto menerangkan, ureum dan kreatinin darah merupakan penurunan fungsi ginjal yang mendadak akibat hilangnya kemampuan ginjal untuk mempertahankan homeostasis tubuh. Batas normal ureum : 20 – 40 mg/dl dan batas normal kreatinin : 0,5 – 1,5 mg/dl.

"Intinya tidak ada istilah detoks, itu cuma istilah marketing," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.