Sukses

4 Manfaat Rutin Baca Buku Bagus

Berita menyenangkan bagi Anda yang gemar membaca buku. Tak hanya bertambah pengetahuan dan kosa kata

Liputan6.com, Jakarta Berita menyenangkan bagi Anda yang gemar membaca buku. Tak hanya bertambah pengetahuan dan kosa kata, kegemaran membaca buku ternyata baik untuk kesehatan mental.

Seperti dilansir dari boldsky, Rabu (1/7/2014) disebutkan bahwa mental yang sehat berpengaruh terhadap kesehatan jiwa sehingga Anda bisa bahagia dalam menjalani hidup.

Berikut yang bisa diperoleh dari membaca buku:

1.Bebas Stres
Bagi sebagian orang, membaca buku merupakan bagian dari aktivitas rekreasi yang menyenangkan. Hal ini mampu mengurangi tekanan pada pikiran dan hati Anda.

2. Meningkatkan konsentrasi
Konsentrasi jadi modal penting untuk banyak aktivitas manusia, mulai dari belajar, bekerja, menaiki kendaraan bermotor dan banyak hal lain. Lewat membaca buku tanpa sadar kita terus membaca dan mengikuti alur tulisan untuk fokus memahami apa yang ditulis. Dari sini, seseorang dilatih konsentrasinya.

3. Memelihara daya ingat
Stres dan kecemasan berlebih berpengaruh terhadap berkurangnya kemampuan ingatan jangka pendek. Saat membaca sebagai rekreasi, stres dan cemas pun berkurang. Membaca pun melatih otot-otot di otak untuk bekerja dengan baik. Oleh karena itu banyak penelitan menyarankan untuk membaca buku sebagai cara menjaga otak tetap sehat dan mencegah penyakit Alzheimer di usia tua.

4. Menenangkan jiwa
Suasana intim yang tercipta saat Anda membaca buku ternyata dapat menciptakan ketenangan bagi jiwa Anda. Rasa tenang membuat hari-hari selanjutnya lebih baik. (bdt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.