Sukses

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Psikolog Wilmington, sejumlah orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan bila anak obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Membujuk anak obesitas agar mau menurunkan beratnya bisa jadi topik sensitif bagi orangtua. Meski anak tahu harus menurunkan beratnya, tapi tak banyak orangtua yang mengetahui cara yang tepat. Belum lagi menurut psikolog Wilmington, sejumlah orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan bila anak mereka mengalami obesitas.

Selain itu, Peneliti di University of Minnesota Medical School, Jerica Berge, PhD juga mengatakan, orangtua berperan besar bukan hanya menjaga tumbuh kembangnya tapi juga kesehatannya. "Sangat penting bagi orangtua memahami obrolan yang tepat agar anak hidup sehat dengan menurunkan berat tanpa ada paksaan."

Lantas bagaimana cara mudah bicara pada anak agar makan sehat dan lebih banyak bergerak? Mengutip laman Everydayhealth, Rabu (4/6/2014) The Academy of Nutrition and Dietetics menawarkan beberapa tips agar orangtua tidak salah bicara pada anak, sebagai berikut:

1. Sajikan makanan seimbang dan temukan cara untuk menghabiskan makanan tersebut dengan menyenangkan.
2. Miliki waktu aktif bersama-sama
3. Jangan pernah menghukum, mengancam, atau memaksa anak makan dengan menyuapinya.
4. Tanyakan pada dokter anak, ide-ide positif untuk kesehatannya.
5. Pujilah anak bila Ia berperilaku gaya hidup positif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.