Sukses

Ingin Senangkan Orang, Dermawan Misterius Kasih Uang di Twitter

Seorang dermawan yang murah hati menjadi pendonor misterius dengan memberikan uang lewat twitter.

Liputan6.com, New York Siapa yang tak tergiur dengan tawaran mendapatkan uang cuma-cuma? Bahkan tawaran tersebut bisa membuat orang lupa diri dan tak menggunakan akal sehat.

Itulah yang terjadi pada penduduk di San Francisco. Seorang dermawan yang murah hati dari California menjadi pendonor misterius dengan meletakkan amplop berisi uang hingga US$ 100 di tempat-tempat tersembunyi di tempat-tempat umum di San Francisco, Oakland dan San Jose.

Seharinya, dermawan tersebut mengeluarkan US$ 1.000 dalam beberapa amplop yang berisi US$ 100.

Tentu saja, permainan uang yang dikenal HiddenCash dari dermawan yang tak diketahui identitasnya tersebut memicu perburuan harta karun. Si pendonor hanya meninggalkan petunjuk melalui twitter agar orang melacak keberadaan hadiah tersembunyi yang tak dipikirkan.

Kini perburuan tersebut pindah ke Los Angeles. Penduduk berusaha mencari amplop yang berisi beberapa lembar US$ 20 dan US$ 100 di amplop ke beberapa tempat, termasuk di sekitar air mancur dan patung di Los Angeles.

Pendonor ternyata meletakkan uang di dekat air mancur di Griffith Park dan televisi lokal memperlihatkan kerumunan orang yang heboh untuk mendapatkan uang di tempat tersembunyi tersebut.

"Apa yang awalnya dimaksudkan untuk perburuan uang di San Francisco, menjadi lebih besar dibanding San Francisco dan lebih dari perburuan," kata dermawan misterius itu dalam pesannya di akun twitter @HiddenCash seperti dilansir Reuters, Sabtu (31/5/2014).

Pria yang memiliki folower Twitter sekitar 330 ribu itu mengungkapkan sedikit identitasnya. Ia menulis bahwa rencana itu muncul ketika makan dengan temannya sebagai cara untuk menyenangkan masyarakat.

"Ada banyak keramaian akhir-akhir ini. Silakan berjalan dan mengemudi dengan aman,

"Seorang wanita muda berlari tepat di depan mobil saya beberapa hari yang lalu. Saya akan melakukan yang terbaik dengan memilih lokasi yang aman, tapi tolong gunakan akal sehat dan hati-hati."

Dermawan rahasia itu juga mengaku kewalahan dengan email yang meminta bantuan keuangan sejak memulai permainan perburuan harta karun, tapi tak bisa meresponsnya.
 

Siapa si Pendonor?


Pendonor anonim ini merupakan investor real estate yang ingin berbagi kekayaannya sebesar 1 persen kepada masyarakat Amerika Serikat. Ia baru-baru ini mendapat keuntungan sehingga memutuskan melakukan kebaikan dengan membagi-bagikan uang.

"Ini bukan untuk amal, tapi saya ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan dan kreatif," katanya kepada CNN.

Pendonor tersebut menyembunyikan uang tunai di tempat yang berbeda. Menurutnya, hal itu akan menyenangkan tapi sesuatu yang sederhana. "Yang Anda lakukan adalah meninggalkan uang dan memberikan petunjuk di twitter," katanya lagi.

Pria ini hanya menyebutkan usianya antara 35 hingga 45 tahun. Tapi, ia tak mau memberikan informasi lebih lanjut. Ia ingin mempertahankan anonimitasnya karena uang tersebut bukan dari dirinya sendiri.

"Ada beberapa orang gila di luar sana di dunia ini," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.