Sukses

Tomat Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria

Senyawa pada tomat seperti Lycopene dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Klinik Cleveland di Ohio menemukan bahwa senyawa pada tomat seperti Lycopene dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

"Lycopene, senyawa antioksidan ternyata bisa meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Hal ini mematahkan asumsi bahwa infertilitas hanya masalah wanita," kata juru bicara Britain's Infertility Network, Karen Veness.

Seperti dikutip Parenting, Kamis (29/5/2014), para peneliti yang melibatkan beberapa sampel pria dari seluruh dunia menemukan bahwa lycopene dapat meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan serta meningkatkan kecepatan sperma dan mengurangi jumlah sperma yang abnormal.

Penulis utama studi dan Direktur Pusat Klinik Cleveland for Reproductive Medicine, Ashok Agarwal, mengatakan studi pada tomat sebelumnya hanya membahas penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti prostat, paru-paru dan perut. Kemudian juga penurunan risiko terhadap penyakit jantung, membantu menurunkan kolesterol melindungi enzim, DNA dan lemak seluler. namun sedikit yang membahas tomat dengan kesuburan pria.

"Kami benar-benar positif tentang temuan ini. Dan penelitian ini diharapkan dapat membantu para pria," tulis peneliti. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.