Sukses

Teman Kantor Kena Flu? Ini Tips Agar Tak Tertular

Suara bersin dan batuk-batuk saling bersautan di kantor? Hati-hati Anda bisa tertular.

Liputan6.com, New Delhi Suara bersin dan batuk-batuk saling bersautan di kantor? Hati-hati Anda bisa tertular. Selama ini cara yang efektif mencegah flu adalah melalui vaksin flu tahunan. Tapi, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mencegahnya.

Virologis Medis Dr Jean Maritz dan Dr Leana Maree menjelaskan, banyak virus flu diperoleh dari orang-orang yang belum menunjukkan gejala apapun dan virus itu sudah berjalan di udara.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari infeksi seperti dilansir Health24, Rabu (28/5/2014):

1. Cuci tangan sesering mungkin dan jangan menyentuh hidung, mata atau mulut apabila tak perlu

2. Gunakan tisu saat bersin dan batuk dan cuci tangan setelah itu.

3. Cobalah untuk tak menyentuh benda-benda di sekitar Anda saat di tempat umum, seperti eskalator atau pena kolega Anda yang batuk atau mouse komputer.

4. Untuk meminimalkan tertular, hindari dekat atau berlama-lama kontak dengan orang yang flu atau batuk. Dengan masa inkubasi satu sampai empat hari dan waktu menular tujuh hari atau lebih, cara terbaik Anda menghindari orang yang flu setidaknya seminggu.

5. Berhenti merokok. Mereka yang merokok lebih rentan mengalami komplikasi infeksi pernapasan.

6. Cegah berbagi peralatan makanan, saputangan, serbet, dan handuk dengan teman kantor.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.