Sukses

Satu Lagi Keunggulan Kopi: Jaga Kesehatan Mata

Peneliti menemukan kopi juga baik untuk kesehatan mata.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University dan Pusat Fungsi Makanan di Korea Institute of Science and Technology menambah sederet manfaat kopi bagi kesehatan.

Tapi berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menghubungkan kopi dengan penderita penyakit kronis, penelitian kali ini menemukan kopi juga baik untuk kesehatan mata.

Mengutip laman Foxnews, Minggu (11/5/2014) penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini menyebutkan kalau kopi dapat mencegah kerusakan mata dan kebutaan akibat dari degenerasi retina akibat glaukoma, penuaan dan diabetes.

Peneliti juga mengungkapkan, manfaat kopi bagi mata terkait dengan asam chlorogenic yang merupakan antioksidan kuat yang ditunjukkan untuk mencegah degenerasi retina pada tikus.

Retina merupakan lapisan tipis di jaringan mata yang ditutupi jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya. Jaringan retina yang aktif ini membutuhkan banyak oksigen, yang dapat membuatnya rentan terhadap stres. Kurangnya oksigen dan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan hilangnya penglihatan.

Ingin menguji sifat oksidatif dari chlogenic, tim peneliti merancang percobaan. Mereka mencoba melakukan penelitian terkait dampak kopi bagi mata tikus. Hasilnya, konsumsi kopi bisa mengurangi kerusakan mata. 

"Kopi adalah minuman paling populer di dunia dan kita mestinya harus dapat manfaatnya," kata penulis utama studi, Chang Y. Lee. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini