Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Waspada Penyakit Akibat Terlalu Sering Bercinta

Bercinta juga bisa membuat infeksi saluran kemih.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan muda, bercinta merupakan hal yang baru. Jadi wajar bila pasangan masih antusias terhadap bermacam posisi seks. Tapi penting Anda ketahui, bahwa bercinta terus-menerus juga bisa membuat infeksi saluran kemih.

Seperti disampaikan ahli kandungan di Yale School of Medicine, dr Mary Jane Minkin, MD bahwa infeksi saluran kemih sering dikeluhkan pasangan yang baru menikah karena keasyikan bulan madu. Mungkin terdengar lucu, tapi para ahli menjelaskan hal ini dialami sebagian besar wanita yang terlalu sering bercinta.

"Ketika Anda melakukan hubungan seks, bakteri Escherichia coli bisa menyerang kandung kemih atau ginjal melalui uretra. Dan ketika Anda sering bercinta, akan lebih rentan terhadap infeksi ini," kata Mary, yang dikutip Liputan6.com dari Womenshealthmag, Sabtu (10/5/2014).

Jadi apa yang dapat wanita lakukan untuk menghindari hal tersebut? Mary menyarankan untuk pria menggunakan banyak pelumas untuk mencegah iritasi. Selain itu. buang air kecil sebelum dan setelah berhubungan seks juga dapat membantu.

"Jika terlanjur mengalami infeksi saluran kemih, coba konsumsi ekstrak cranberry secara teratur karena buah ini dapat membantu menghilangkan bakteri yang menempel pada dinding kandung kemih," kata Minkin.

Bila infeksi masih berlanjut, Minkin menyarankan untuk memeriksakan diri ke ahli urologi untuk melihat apakah ada sesuatu yang terjadi di kandung kemih Anda. "Jangan khawatir, meski mengalami infeksi saluran kemih, tapi bukan berarti Anda harus berhenti bercinta," tandasnya. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini