Sukses

Warna-warni Makanan Bikin Sehat & Awet Muda

Apakah bahan makanan di rumah mencakup berbagai sayuran dan buah-buahan yang bermacam warna.

Liputan6.com, Jakarta Coba cek apa yang ada dalam lemari es Anda. Apakah bahan makanan yang terdapat didalamnya mencakup berbagai sayuran dan buah-buahan yang bermacam warna. Bila iya, berarti Anda sangat baik dalam menjaga kesehatan.

Seperti diungkapkan ahli kesehatan dan penulis buku terlaris New York Times, Frances Largeman-Roth, RDN, dalam bukunya 'Eating In Color: Delicious, Healthy Recipes for You and Your Family' bahwa makanan yang warna-warni sangat baik untuk kesehatan anak maupun dewasa.

Menurut Frances, buah-buahan dan sayuran berwarna dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker, diabetes dan obesitas.

Coba saja cek, apa saja yang terkandung dalam sayur dan buah berwarna, seperti dikutip Foxnews, Rabu (30/4/2014)

Merah

Buah yang isinya berwarna merah seperti semangka mengandung tingkat tinggi lycopene. Beberapa studi telah menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi lycopene memiliki resiko kanker lebih rendah. Bukti paling kuat hingga saat ini adalah rendahnya risiko kanker paru-paru, perut, dan prostat, serviks dan payudara. Belum lagi, semangka mengandung 92 persen air sehingga sangat baik untuk kulit.

Kuning 

Buah yang kuning semisal lemon mengandung vitamin C dan bioflavanoids sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Lemon juga bertindak sebagai antimikroba alami. Dengan 4 miligram besi per porsi, lemon merupakan sumber mineral penting. Selain itu, lemon kaya vitamin C yang memudahkan tubuh Anda menyerap zat besi nabati. 

Hijau 

Sayuran hijau seperti sawi kaya akan beta-karoten, lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel mata yang sehat dan mengurangi risiko degenerasi makula (kerusakan sel mata) dan katarak. Dan sawi mengandung vitamin K yang tinggi untuk pembekuan darah. Beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin K juga membantu menjaga tulang kuat pada orang tua. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini