Sukses

5 Cara Berkompromi dengan Ingatan Buruk

Anda sebenarnya hanya perlu melatih otak Anda dengan cara yang tepat untuk menangani masalah ingatan ini.

Liputan6.com, New York Lupa di saat-saat penting terasa paling tak enak. Ketika Anda berusaha mengingat beberapa hal penting, Anda malah tak bisa mengingatnya dengan memburuknya memori Anda.

Ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Mungkin Anda menemukan memori Anda menjadi buruk ketika keluar dari rumah tanpa mengunci pintu. Hal tersebut bisa menjadi menegangkan untuk Anda.

Satu-satunya masalah di sini adalah memori Anda tak terlatih untuk mengingat masalah yang sedang dihadapi. Anda sebenarnya hanya perlu melatih otak Anda dengan cara yang tepat untuk menangani masalah ingatan ini, kecuali apabila Anda menderita penyakit yang berhubungan dengan ingatan.

Ada banyak hal yang bisa memberikan dampak negatif untuk memori Anda dan ini seharusnya dihindari. Anda bisa menghindari hal-hal yang bisa memberikan dampak negatif untuk memori Anda dengan melakukan beberapa hal ini seperti dilansir Boldsky, Rabu (30/4/2014):

1. Melatih memori

Tak pernah terlambat melatih ingatan Anda dengan mengingat sesuatu. Memori yang baik bukanlah anugerah tapi itu pelatihan yang tepat.

Idealnya, Anda bergantung pada memori Anda untuk mengingat hal-hal besar dibanding untuk mengingat dengan menulis reminder di ponsel Anda. Anda harus membuat otak Anda bekerja untuk mengingat semuanya. Pelatihan ini akan membantu meningkatkan memori Anda.

2. Diet sempurna

Diet yang sempurna bisa membantu Anda mendapatkan memori yang sempurna. Diet Anda harus mencakup semua bahan yang bisa meningkatkan kesehatan ingatan.

Ikan dianggap sebagai makanan untuk memori. Cobalah masukkan ikan dalam diet Anda.  Anda juga bisa memasukkan beberapa sayuran penguat otak sebagai bagian dari diet Anda. Selain itu, almond dianggap baik untuk otak.

3. Mengelompokkan pekerjaan

Yang terbaik adalah mencoba mengingat hal-hal individual apabila ingatan Anda buruk. Cobalah menghubungkan barang serupa bersama-sama dan ingat dengan cara tersebut. Anda juga akan melihat memori Anda meningkat pesat dengan cara tersebut. Anda bisa mengelompokkan item demi menciptakan logika di dalam ingatan. Ini berhasil khususnya untuk nomor ponsel. Anda pun lebih mudah dalam mengingat sesuatu.

4. Gunakan otak

Otak dipisahkan dalam bagian kiri dan kanan. Pada bagian kiri didasarkan pad alogika dan kanan kreativitas. Setiap kali Anda mencoba mengingat hal-hal atau berencana menggunakan memori Anda, Anda harus mempertimbangkan menggunakan seluruh otak.

Anda harus melatih otak untuk belajar bahasa baru, dan memungkinkan belajar keterampilan baru. Ini secara otomatis akan menempatkan seluruh otak untuk bekerja dan akhirnya melatih seluruh otak.

5. Insomnia itu buruk

Apabila Anda tak cukup tidur, Anda cenderung mengalami masalah ingatan. Kebanyakan orang yang kurang bisa mengingat sesuatu menyalahkan mereka sulit tidur.

Anda harus menghindari begadang atau tidak cukup tidur. Yang tepat, tidurlah enam sampai delapan jam agar otak Anda pun lebih tajam.

Baru-baru ini ada penelitian yang berhubungan dengan daya ingat. Peneliti Mayo Clinic merilis hasil studi yang menggambarkan hubungan antara penurunan kognitif ringan dan kematian.

"Saat ini ada informasi tentang kematian dan jenis kehilangan memori yang memengaruhi jutaan orang," kata penulis studi Maria Vassilaki," tulis Penulis studi Maria Vassilaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini