Sukses

Gelitikan Bisa Bantu Bayi Belajar Bicara

Sentuhan orangtua bisa membantu bayi belajar berbicara. Sentuhan yang dimaksud yakni menggelitik bayi Anda.

Liputan6.com, London Sentuhan orangtua bisa membantu bayi belajar berbicara. Sentuhan yang dimaksud yakni menggelitik bayi Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orangtua yang menggelitik anaknya ketika berbicara dengan mereka benar-benar bisa membantu anak mengidentifikasi kata-kata yang nantinya berlanjut dengan belajar berbicara.

Tim peneliti yang dilakukan Purdue University mengatakan, sentuhan yang dirasakan bayi berhubungan sangat dekat dengan perkembangan bahasanya dibandingkan yang diperkirakan.

"Kami menemukan bahwa bayi memperlakukan sentuhan seolah-olah mereka berhubungan dengan apa yang mereka denar dan dengan demikian menyentuh bisa berdampak pada belajar kata-kata," kata Amanda Seidl, pemimpin penelitian seperti dilansir MailOnline, Jumat (25/4/2014).

Seidl awalnya berpikir sentuhan sebagai bentuk penyampaian kasih sayang. Tapi dengan penelitian ini terlihat bahwa bayi bisa menghubungkan sentuhan dengan sinyal suara yang mereka dengar.

Selama ini, belajar kata-kata menjadi tantangan bagi bayi karena sebagian besar kata-kata yang mereka dengar dalam bentuk percakapan yang berkelanjutan, bukan kata-kata yang berdiri sendiri dari pengasuhnya.

Orangtua mungkin memberi jeda sebelum memanggil nama seorang bayi, tapi mereka hampir tak pernah melakukannya untuk kata-kata lain.

Selama ini bayi seringnya pertama kali belajar kata-kata dengan menyebutkan nama-nama bagian tubuh. Saat berbicara bagian tubuh, pengasuh menunjukkannya dengan menyentuh tubuh.

"Kita berspekulasi bahwa sentuhan bisa menjadi isyarat kata-kata," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.