Sukses

Cara Dini Cegah Penularan TB

Tuberkulosis atau yang lebih dikenal TB merupakan penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat prevalensi Tuberkulosis atau TB di Indonesia pada tahun 2013 mampu mencapai 297 per 100.000 penduduk, dengan kasus baru setiap tahunnya mencapai 460.000 kasus. Alhasil, total kasus hingga tahun 2013 berkisar 800.000-900.000 kasus.

Tingginya angka penderita penyakit TB di Indonesia ini menggugah digelarnya acara "World TB Day" yang melibatkan 1.000 dokter. Acara yang digelar Bisolvon dan Divisi Pulmonologi RSCM ini juga melibatkan 3.500 orang dari berbagai kalangan termasuk dokter, LSM dan masyarakat umum.

"Kami memiliki peran dalam memberantas penyakit TB di Indonesia. Dalam hal ini karena salah satu gejala penyakit TB yang sering dijumpai adalah batuk terus menerus dan terdapatnya dahak atau sputum," kata Dewi Isnaniar, Senior Brand Manager Bisolvon dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/4/2014).

Dewi menambahkan, Bisolvon dengan kandungan Bromheksin juga memiliki peran sebagai senyawa mukolitik, yang efektif mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Tuberkulosis atau yang lebih dikenal TB merupakan penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia, dan hingga saat ini belum ada satu negara pun yang bebas dari TBC.

Sementara, Dr Telly Kamelia, SpPD mengungkapkan, ada cara yang cukup mudah untuk membentengi diri. "TB menular lewat ludah dan dahak ketika si pengidap batuk. Penyebarannya pun sangat mudah yakni melalui udara," ujar Telly.

Jika seseorang terlihat mengidap batuk yang berkepanjangan, maka orang di sekitarnya harus menjaga jarak atau waspada. Seperti contohnya tidak sembarangan memegang tangan atau barang milik si pengidap TBC. Pasalnya, area tangan dan barang yang biasa dipegang orang tersebut adalah tempat terbanyak bersarangnya kuman TB.

"Karenanya, pengidap harus sadar diri untuk tidak menularkan kepada lingkungan sekitar dengan sering mencuci tangan dan membuang bekas tisu langsung di tempat sampah yang tertutup. Jika batuk tak tertahan, tutuplah mulut dengan lengan baju sehingga kuman tidak berterbangan di udara," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.