Sukses

Tips Bikin Orang Lain Terkesan Pertama Kali

Tak selamanya membuat orang terkesan untuk pertama kali itu mudah

Liputan6.com, Jakarta Tak mudah membuat orang terkesan untuk pertama kalinya. Dalam sebuah pertemuan keluarga, masuk sekolah atau kantor baru, menghadiri pesta atau mungkin acara lain kerap membuat kita canggung.

Untuk itu, penulis How to Work a Room: The Ultimate Guide to Making Lasting Connections—in Person and Online, Susan RoAne memberitahu Anda bagaimana membuat orang terkesan pada pandangan pertama. Lebih lanjut, berikut ulasannya, seperti ditulis Womenshealthmag, Senin (31/3/2014).

1. Tahu perkembangan berita

"Membaca dengan baik apa yang orang lain bicarakan. Peristiwa terkini adalah topik obrolan otomatis. Tak semua pembicaraan serius. Terkadang, obrolan tentang selebritas juga bekerja," kata Susan.

2. Jadilah yang pertama senyum dan membuat kontak mata

Tersenyum adalah langkah efektif dalam mengambil pendekatan pro-aktif. "Ketika seseorang tersenyum kembali pada Anda, artinya Anda memberikan izin padanya untuk saling mendekati," kata Susan. 

3. Membuat kesan yang mengingatkannya

Susan mengatakan dia pernah bertemu seorang pria di warung kopi dan bertanya apa yang dia lakukan. Orang itu menjawab, 'Saya membantu orang-orang kaya tidur di malam hari'. Jawabannya orang itu begitu menarik hingga Susan ingin terus menanyainya. Dan ternyata orang itu adalah seorang perencana keuangan dan sekarang keduanya masih berteman.

4. Melihat sekeliling

Mencoba untuk menempatkan diri dan tidak menghina orang lain ketika Anda tidak lagi memiliki teman biacara yang bisa diajak mengobrol. "Daripada berpikir negatif, lebih baik melihat siapa lagi yang di dalam ruangan," kata Susan. 

5. Membuka diri

"Saya sendiri menyarankan, jika Anda canggung ceritakan tentang diri Anda pada orang lain. Jika ini terasa membosankan, Anda bisa tanyakan orang tersebut tentang dirinya dan mengomentari tanggapan orang tersebut tentang Anda dan saling berbagi cerita," jelas Susan.

Tapi pastikan untuk tetap optimis dan fokus pada satu topik agar Anda tidak terkesan terlalu terobsesi diri. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.