Sukses

420.000 Anak Jalanan Ada di Indonesia

Kemiskinan digadang-gadang menjadi salah satu faktor utama maraknya anak jalanan.

Liputan6.com, Jakarta Anak jalanan  masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi negara berkembang seperti Indonesia. Kemiskinan di tengarai menjadi salah satu faktor penyebab maraknya anak jalanan.

"Miskin masih menjadi faktor utama penyebab anak jalanan semakin banyak. Tidak hanya kota besar, desa-desa juga sama. Sampai tahun ini ada sekitar 420.000 anak jalanan se-Indonesia," kata Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, seperti ditulis Selasa (25/3/2014).

Seperti yang dialami Halimah (29), ibu satu anak ini terpaksa menjadi pengamen atau joki 3 in 1 karena tuntutan kebutuhan hidup. "Ya bagaimana karena kebutuhan hidup itu terus bertambah. Saya cuma bisa begini, membawa anak karena memang tidak ada yang ngurus," kata Halimah.

Halimah menyadari perbuatannya tidak tepat, namun dirinya merasa sudah tidak ada solusi lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. "Saya bukan berniat mengeksploitasi anak tetapi karena kebutuhan hidup, ya harus bagaimana lagi," kata Halimah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.