Sukses

Tiap Jam, Anak Tersenyum 7 Kali, Bikin Ibu Ingin Segera Pulang

Lantas, sejak kapan sebenarnya seorang anak mulai tersenyum?

Liputan6.com, Jakarta Banyak makna yang terpancar dari senyum seorang anak. Mulai dari indikasi adanya emosi positif, respons terhadap sesuatu yang menyenangkan, sampai suatu bentuk komunikasi yang menyatakan bahwa dia menerima kehadiran orang di sekitarnya.

Demikian disampaikan Psikolog dan Pakar Tumbuh Kembang Anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi dalam acara `Demi Terwujudnya Senyum Sehat Bebas Gigi Berlubang` di Jakarta, ditulis Jumat (21/3/2014). 

Lantas, sejak kapan sebenarnya seorang anak mulai tersenyum? Seorang anak mulai tersenyum saat usianya satu bulan. Satu bulan pertama kelahiran, seorang anak akan senyum-senyum sendiri ketika tertidur. Menurut Vera, senyum seperti ini disebut dengan reflektif senyum. 

"Reflektif senyum itu merupakan senyum dengan gerakan refleks, dan senyum itu belum memiliki makna sama sekali," kata Vera menjelaskan.

Di usia empat sampai enam minggu, seorang anak akan tersenyum karena adanya kontak sosial dengan orang yang mengasuhnya, apakah ibu, nenek, atau pengasuhnya. "Senyum ini dinamakan social smile, senyum karena adanya kontak sosial," kata Vera menerangkan.

Senyum yang dipancarkan seorang anak, memiliki efek luar biasa (powerfull impact) yang dapat mengubah suasana hati yang mengasuhnya.

Ketika seorang ibu merasa lelah karena mengurus bayi, seperti ganti popok di tengah malam, menenangkannya ketika menangis, akan segera terobati ketika melihat bayi yang diasuhnya tersenyum.

"Ketika anak besar, sebagai orangtua kita biasanya penat karena rutinitas yang dijalani. Ini akan segera terlupakan ketika sampai di rumah, dan melihat anak kita tersenyum," kata Vera menambahkan.

Jadi, hanya dengan tersenyum saja, seorang anak bisa mengubah perilaku orang di sekitarnya.

Selain itu, terang Vera, seorang anak mampu tersenyum sebanyak 7,7 kali per jam, dikurangi waktu tidurnya. Bila dibandingkan dengan orang dewasa yang hanya 17 kali dalam sehari, senyum dari seorang anak jauh lebih banyak.

Apakah anak Anda sudah tersenyum hari ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini