Sukses

Aroma yang Bikin Lebih Fokus, Tidur Nyenyak, dan Kurangi Stres

Aroma merupakan indra yang sangat kuat. Dengan mencium aroma Anda bisa merasa hidup Anda lebih baik seperti stres berkurang.

Liputan6.com, New York Aroma merupakan indra yang sangat kuat. Dengan mencium aroma Anda bisa merasa senang ataupun kesal.

Aroma parfum mantan Anda bisa saja membawa kenangan buruk buat Anda. Sedangkan harumnya apple pie bisa mengingatkan Anda dengan masakan ibu.

Namun, ada beberapa aroma yang terbukti meningkatkan kesehatan Anda. Kabar baiknya, dengan aroma ini Anda bisa mencobanya untuk mandi ataupun tubuh untuk mencapai manfaatnya seperti dilansir MensHealth, Jumat (20/3/2014):

1. Peppermint

Peppermint terbukti meningkatkan memori kognitif Anda seperti diutarakan Sense of Smell Institute. Ketika aroma ini diberikan baik melalui mulut atau hidung, aroma peppermint meningkatkan skor tugas peserta yang berhubungan dengan pengakuan, memori kerja, dan kecepatan visual-motor.

Sebuah penelitian dalam Journal of International Society of Sports Nutrition 2013 menemukan bahwa ketika peserta minum air peppermint-infused selama 10 hari, secara signifikan mengurangi beban kerja fisik yang dirasakan selama tes stres treadmill. Peppermint juga bisa meningkatkan ambang nyeri.

2. Kayu manis

Sebuah penelitian 2009 menemukan kayu manis yang disaring melalui udara meningkatkan kewaspadaan, dan menurunkan frustasi selama simulasi mengemudi.

Kayu manis juga bisa membantu melindungi dari penyakit Alzheimer seperti dalam penelitian dalam Journal of Alzheimer 2013.

Peneliti menemukan, senyawa dalam kayu manis yakni cinnamaldehyde dan epicatechin membantu menghentikan terbangunnya protein tau di otak, yang mengakibatkan memori degeneratif.

Anda bisa mencoba pengharum ruangan kayu manis agar Anda lebih waspada di dalam mobil. Menelan kayu manis jugha bisa membantu gula darah Anda. Cobalah tambahkan ke oatmeal, kocok beberapa kayu manis ke smoothie, atau tambahkan ke kopi Anda.

3. Rosemary

Tanaman ini bisa meningkatkan konsentrasi, kecepatan, dan akurasi yang berhubungan dengan tugas mental. Ini juga meningkatkan kualitas memori seperti hasil penelitian pada 2013 dari Northumbria University.

Cobalah tambahkan rosemary ke dalam hidangan Anda.

4. Melati

Tidur akan seperti bayi jika Anda mencium aroma melati saat tidur. Sebuah penelitian tahun 2011 dalam Journal of Biological Chemistry ditemukan bahwa aroma melati di udara membuat tidur responden lebih efisien, pejaman mata lebih dalam dan mengurangi bangun-bangun.

Setelah bangun, mereka yang tidur menghirup aroma melati melaporkan tingkat kecemasannya rendah dan kewaspadaan lebih besar di sore hari.

Cobalah teh aroma melati saat Anda bersiap-siap tidur. Atau bakarlah lilin melati sebelum tidur.

5. Lavender

Mirip dengan melati, lavender bagus untuk relaksasi. Sebuah penelitian tahun 2005 di Wesleyan University menemukan, orang yang mencium aroma lavender sebelum tidur membuat tidurnya lebih nyenyak. Studi lain menemukan, mereka yang mencium aroma tersebut tidurnya lebih cepat dan jarang terbangun di malam hari.

Cobalah facial lavender sebelum tidur. Isi mangkuk dengan 2 cangkir air mendidih dan tambahkan 10 tetes minyak esensial lavender. Tempatkan kepala Anda di atas mangkuk dengan handuk di atasnya untuk menjaga uap, dan tarik napas selama 1 menit.

6. Lemon/ Orange/ Grapefruit

Aroma citrus bisa mengurangi stres. Ilmuwan Brazil menemukan, orang yang mencium aroma minyak esensial jeruk manis sebelum tes stres melaporkan tingkat kecemasannya berkurang.

Anda bisa mencoba mengupas jeruk segar atau jeruk di meja kerja dan simpan kulit di sekitar Anda. Atau cobalah scrub jeruk di kamar mandi, seperti yang mengandung minyak esensial jeruk mandarin dan minyak lemon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini