Sukses

Alami Komplikasi, Bayi Raksasa Ini Berhasil Diselamatkan

Santiago yang memiliki berat sebesar 19,7 kilogram atau sama dengan berat anak usia enam tahun ini berhasil diselematkan untuk dioperasi

Liputan6.com, Colombia Bayi raksasa asal Kolombia, Santiago Mendoza (8 bulan), akhirnya berhasil diselamatkan oleh para relawan, setelah sang ibu melaporkan anaknya mengalami komplikasi medis karena masalah berat badan, dan harus segera diselamatkan.

Santiago yang memiliki berat sebesar 19,7 kilogram atau sama dengan berat anak usia enam tahun, diterbangkan dari rumahnya yang terletak di Kota Timur Laut, Valledupar, ke ibukota Bogota, pada Minggu (16/3/2014)

Kepada para relawan sang ibu, Eunice Fandino menceritakan, apa yang dialami oleh Santiago karena ulah dirinya sendiri. Bingung harus melakukan apa saat Santiago menangis di hari-hari pertama kelahirannya sampai usianya delapan bulan, Fandino selalu memasukan makanan atau susu untuk menenangkan Santiago

"Ini memang kebodohan saya. Dia lahir dengan situasi mencemaskan. Jadi, jika dia menangis, saya hanya memberinya makan," kata Eunice Fandino.

Direktur Chubby Hearts, Salvador Palacio Gonzalez mengatakan, Santiago akan ditangani oleh dokter spesialis di Colina Clinic. Sebelum dilakukan serangkaian operasi, tim medis terlebih dulu menurunkan berat badan bocah tersebut ke angka yang cukup normal.

"Kemungkinan, apa yang dibutuhkannya adalah pengobatan jangka panjang, pendidikan, makanan sehat, dan ketika dewasa nanti dia mau melakukan aktivitas fisik," kata Ahli Bedah, Cesar Ernesto Guevar El Espectador berharap.

Menurut Cesar, bila itu tidak dilakukan, maka di masa tua nanti, Santiago akan menderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit terkait masalah berat badan, termasuk penyakit sendiri.

Seperti dikutip Daily Mail, Kamis (20/3/2014), Fandino optimis bantuan yang diterimanya kini dapat mengubah kesehatan Santiago, dan anaknya itu dapat berkumpul dan bermain layaknya anak-anak seusianya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini