Sukses

6 Tanda Pasangan Masih Kekanak-kanakan

Kematangan alias dewasa tentu dibutuhkan dalam menjalin hubungan. Ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalin hubungan.

Liputan6.com, New York Usia tak menjamin seseorang dewasa. Kematangan alias dewasa tentu dibutuhkan dalam menjalin hubungan. Ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalin sebuah hubungan untuk menghindari masalah yang muncul. Salah satunya kematangan emosional demi terjalinnya hubungan sehat.

Pria atau wanita yang masih berperilaku kekanak-kanakan secara umum bisa dibilang tertunda secara emosional. Ini bisa dijadikan tanda-tanda belum dewasanya orang tersebut sebagai cara menghindari terjadinya perubahan positif di dalam hidupnya.

Biasanya, orang-orang yang emosionalnya tertunda begitu sibuk mencari kelemahan orang lain. Mereka tak bisa atau menolak ketika melihat kelemahan di dalam dirinya.

Ketika konfrontasi muncul, orang ini akan bertindak seperti anak-anak, bukannya mencari teknik pemecahan masalah.

Berikut tanda-tanda perilaku orang yang tertunda secara emosional seperti yang diutarakan Konsultan Hubungan, Frances Childress dan dilansir Examiner, Rabu (19/3/2014):

1. Pedendam

Berperilaku diam, melakukan hal-hal yang mengganggu, mengabaikan percakapan yang dimulai, tak menyapa (tak melakukan tugas yang biasanya dilakukan).

2. Berdalih

Bermain licik, menyalahkan orang lain, serba terburu-buru, mengaku perasaannya terluka (alasan ini untuk menghindari menerima kesalahan).

3. Egois

Mengabaikan perasaan dan keinginana\ orang lain, ingin selalu yang diutamakan.

4. Membalikkan kebenaran

Memanipulasi kebenaran dari sebuah argumen dengan meninggalkan fakta (mengatakan hanya sebagian cerita untuk membuat orang lain terlihat bersalah).

5. Hipersensitif

Sering marah-marah, menunjukkan kemarahan, menghina, secara fisik menunjukkan kemarahannya, overacting untuk hal-hal sepele.

6. Menolak menerima logika

Menyangkal tindakan atau perilaku mereka yang bertentangan, sengaja mencari-cari kesalahan atau melebih-lebihkan kesalahan orang lain (gantian menyalahkan atau mengubah topik pembicaraan).

Perilaku kekanak-kanakan menyerupai taktik manipulasi. Berbeda pada orang dewasa yang mencerminkan dirinya mampu melihat perubahan serta memiliki motivasi, perbaikan produksi yang positif dalam hidup dan hubungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.