Sukses

Hari Senin Tanpa Soft Drink, Kenapa Nggak!

Kampanye Senin tanpa gula pun digalakkan untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Liputan6.com, Jakarta Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusulkan rancangan pedoman untuk rekomendasi pembatasan asupan gula kurang dari lima persen dari total kalori bulan ini, kampanye Senin tanpa gula pun digalakkan untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Seperti ditulis laman News, Senin (17/3/2014), sebuah studi baru yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi gula dari satu kaleng soda artinya makan gula sekitar 9 sendok teh atau 38 gram. Minuman ini jika dikonsumsi setiap hari, bisa meningkatkan risiko kematian seperti terkena dan risiko penyakit lain.

Berbicara tentang hari Senin, The Monday Campaigns atau lembaga non-profit yang melakukan kampanye untuk perubahan kesehatan, dimulai dari kebiasaan sehat yang berkelanjutan setiap hari Senin sedang giat menggalakkan Senin tanpa soft drink.

Caranya? berikut strateginya:

1. Kurangi satu minuman ringan setiap minggu.

2. Pikirkan tentang berapa banyak minuman ringan yang Anda konsumsi dalam seminggu. Misalnya, minggu ini mengurangi jumlahnya dengan satu dan Senin depan, mengurangi satu. Ulangi seterusnya.

3. Mencoba minum sehat

Jika air putih biasa kurang menyegarkan Anda, ganti minuman ringan dengan campuran air es dengan lemon, teh tanpa gula, atau jus tanpa gula .

4. Ambil buah saat ingin yang manis

Selama akhir pekan atau Senin pagi, konsumsi buah sebagai pengganti makanan atau minunan manis. Gula pada buah jauh lebih rendah dibanding gula buatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini