Sukses

Roti Khas Papua, Terpanjang di Indonesia

Roti bolu gulung Port Numbay sepanjang 104,4 meter menjadi roti terpanjang di Indonesia

Liputan6.com, Jayapura Museum Rekor Indonesia (Muri) mencatat roti bolu gulung Port Numbay menjadi roti terpanjang di Indonesia. Roti khas masyarakat Kota Jayapura ini tercatat di rekor Muri ke 6391 di Indonesia. Roti dengan panjang 104, 4 meter itu terbuat dari bahan dasar lokal Papua, di antaranya ikan dan sagu.

Roti yang dibuat oleh 150 orang tersebut terdiri dari warga setempat, pegawai negeri sipil, dan karyawan perusahaan roti di Jayapura. Roti dibuat dalam rangka peringatan HUT Kota Jayapura ke-104, yang jatuh pada hari ini, 7 Maret 2014.

Manager Senior Muri, Paulus Pangka menjelaskan pencapaian rekor Muri kali ini, baru pertama kali dilakukan di Indonesia, dengan bahan dasar lokal Papua.

"Roti abon gulung ikan, ditambah dengan mayonaise dari bahan dasar sagu, baru pertama kali di Indonesia. Bahkan dengan kelebihannya ini, maka roti tersebut masuk dalam roti terpanjang didunia," katanya, Jumat (07/03/2014).

Puncak HUT Kota Jayapura hari ini, dipusatkan di Taman Imbi, salah satu taman ditengah Kota Jayapura. Pemerintah setempat menggelar pesta rakyat dengan cara makan gratis sepanjang hari ini. Selain itu juga ada acara tari-tarian lokal dan pagelaran perahu hias.

"Ini kegiatan yang baik, kami sebagai warga dikumpulkan dalam satu tempat dan kita bisa makan bersama, saling mengenal satu sama lain dengan dihadirkan tari-tarian adat istiadat setempat," kata Maria Ireeuw, warga lokal setempat yang ditemui disela-sela makan gratis bersama hari ini. (Katharina Janur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini