Sukses

Bantu Wilayah Terdampak Banjir Bandang di Sumbar, Bundamedik Healthcare System Beri Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PT Bundamedik Tbk atau Bundamedik Healthcare System (BMHS) menggelar program pemberian donasi bahan pangan pokok serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Liputan6.com, Jakarta - Banjir bandang akibat hujan deras disertai longsor menerjang beberapa wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Dalam upaya mendukung dan menjamin kesehatan komunitas terdampak, PT Bundamedik Tbk atau Bundamedik Healthcare System (BMHS) menggelar program pemberian donasi bahan pangan pokok serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat terdampak di wilayah Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan mencakup pemeriksaan kesehatan umum serta pencegahan dan penanganan penyakit yang sering muncul saat banjir. Hal tersebut seperti disampaikan Komisaris Utama PT Bundamedik Tbk dr Ivan Rizal Sini.

"Kami turut berduka atas bencana banjir dan longsor yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Berbekal semangat perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, BMHS berkomitmen untuk semakin tanggap dan terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat," ujar Ivan melalui keterangan tertulis, Selasa (16/4/2024).

"Terutama lewat dukungan yang dibutuhkan kepada saudara-saudara di Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang menjadi salah satu wilayah terdampak. Kami berharap bantuan yang tepat sasaran dapat membantu menjaga dan memulihkan kondisi kesehatan bagi komunitas setempat," sambung dia.

Menurut Ivan, dalam inisiatif ini, BMHS berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam memberikan donasi berapa bahan pangan pokok kepada masyarakat terdampak banjir bandang.

Dalam penyediaan pemeriksaan kesehatan gratis, kata dia, BMHS melibatkan jajaran tim dokter dan tenaga kesehatan berkompeten dari RSU Bunda Padang.

"Layanan pemeriksaan kesehatan gratis ini mencakup pemeriksaan kesehatan umum serta pelayanan kesehatan bagi kondisi khusus, seperti penyakit pada anak, diare hingga penyakit kulit misal tinea, skabies, dermatitis," terang Ivan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif Bantuan Pemilihan Bencana

Inisiatif bantuan pemulihan bencana ini merupakan bagian dari nilai-nilai perusahaan yang diusung oleh BMHS yang diwujudkan dalam pelayanan kesehatan yang optimal secara berkesinambungan untuk setiap individu dan seluruh keluarga Indonesia.

Dalam rangka HUT ke-51 tahun, BMHS juga akan menyelenggarakan sejumlah rangkaian CSR skrining kesehatan wanita seperti skrining kanker payudaradan kanker serviks di unit-unit rumah sakit milik BMHS.

"Rangkaian kegiatan CSR kami ini terutama skrining kesehatan merupakan bagian dari upaya serta wujud nyata komitmen BMHS dalam mendukung transformasi kesehatan yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan. Kami percaya bahwa melalui dukungan solid berbagai pihak multidisiplin akan mengakselerasi transformasi kesehatan di Indonesia," tutup Ivan.

Ikut dalam menyalurkan bantuan, Hospital Director RSU Bunda Padang dr Helgawati. Dia menjelaskan, dalam kondisi setelah bencana banjir, pihaknya melihat peningkatan signifikan dalam prevalensi penyakit di kalangan masyarakat yang terdampak seperti penyakit menular, penyakit kulit hingga diare.

"Lewat tim medis yang kompeten dan terampil, BMHS melalui RSU Bunda Padang menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Padang yang terdampak banjir," kata Helgawati.

"Tentunya, kami berharap bantuan ini dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang muncul dan memastikan bahwa para korban bencana alam mendapatkan perawatan yang optimal," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.