Sukses

Tubuh Butuh Cairan Isotonik Saat Olahraga

Menjaga hidrasi tubuh tetap seimbang merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat Anda melakukan olahraga lari.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga hidrasi tubuh tetap seimbang merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat Anda melakukan olahraga lari. Hal ini perlu agar tubuh terhindar dari efek-efek kekurangan cairan seperti dehidrasi, pusing, dan mual.

Dr. Ermita I. Ilyas, Ms, AIFO dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyarankan agar atlet yang akan berlari untuk memerhatikan kebiasaan minumnya, yang kerap kali dilupakan. Baik itu sebelum dan sesudah lari.

"Pengaturan minum secara teratur membutuhkan perhatian khusus. Maka itu, bagi pelari harus benar-benar memerhatikan asupan cairan," kata Ermita menjelaskan dalam acara `Aktivitas Fisik Membuat Tubuh Bugar dan Menarik` Bersama Pocari Sweat di Jakarta, ditulis pada Rabu (26/2/2014)

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat tubuh mengalami hal itu maka kondisi tubuh akan kehilangan banyak cairan yang keluar melalui penguapan, keringat, urine, dan diare. Sehingga, mengatasi dengan minum yang cukup cairan mengandung elektrolit (isotonik), merupakan hal penting yang harus dilakukan.

"Minum cairan elektrolit seperti Pocari Sweat bermanfaat agar cepat diserap tubuh dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang," kata dia menerangkan.

Menurut dia, alasan seseorang perlu meminum cairan isotonik adalah karena tubuh manusia terdiri dari air dan ion, sehingga saat tubuh kehilangan cairan, artinya tidak hanya air yang hilang, ion tubuh pun ikut serta di dalamnya.

"Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot. Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga," kata Ermita menjelaskan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.