Sukses

Wanita Hamil Berisiko Varises, Hindari dengan Cara Ini

Selama kehamilan, volume darah meningkat dan tekanan dari rahim menempatkan tekanan di pembuluh darah kaki sehingga muncullah varises.

Ada banyak perubahan yang terjadi di tubuh wanita hamil. Salah satunya varises, yakni vena yang membengkak yang muncul di kaki dan bagian tubuh lainnya.

Varises umum terjadi. Menurut American College of Phlebology, sebanyak 55 persen wanita akan mengalami varises dalam hidupnya.

Selama kehamilan, volume darah meningkat dan tekanan dari rahim menempatkan tekanan di pembuluh darah kaki. Varises biasanya berkembang di kaki, tapi juga bisa muncul di vulva atau sebagai wasir yang merupakan jenis varises.

Kebanyakan wanita hamil merasa tak nyaman dengan varises. Varises itu juga bisa berdarah, menyebabkan gumpalan yang dangkal di vena, pembengkakan parah di pergelangan kaki, perubahan warna kulit atau masalah selama persalinan vagina jika itu berada di vulva.

Demikian disampaikan Direktur The Vein Treatment Center di New York City, Dr Luis Navarro. Salah satu alasan yang paling umum dari varises adalah kecenderungan genetik dengan lemahnya dinding vena atau katup yang lemah.

Seperti dikutip Med.News, Rabu (19/2/2014),varises juga meningkat dengan usia, berat badan, dan kelahilan berikutnya. Jika Anda berdiri dengan jangka waktu yang lama atau membawa banyak barang, Anda akan lebih mudah mendapatkan varises.

Varises biasanya selesai tiga sampai enam bulan setelah melahirkan, tapi ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya:

1. Tidur sisi kiri

Vena cava inferior terletak di sebelah kanan tubug. Berbaring di sisi kiri Anda adalah cara terbaik sehingga darah bisa kembali ke sisi kanan.

2. Olahraga

Latihan adalah salah satu cara terbaik meningkatkan sirkulasi dan para ahli mengatakan aman memulainya selama kehamilan. Hampir setiap hari lakukan olahraga ringan selama 30 menit atau lebih .

3. Tinggikan kaki

Menurut Dr Mary Rosser, dari Montefiore Medical Center, cobalah menopang kaki Anda di atas jantung Anda dan duduk setiap tiga jam akan membantu sirkulasi. Ketika Anda berdiri, ganti berat badan Anda pada setiap kaki. Ubah posisi ketika Anda tak nyaman dan cobalah tak menyilangkan kaki.

4. Jangan keberatan badan

Terlalu banyak kenaikan berat badan selama kehamilan bisa menyebabkan varises. Bicaralah dengan dokter Anda tentang berat badan yang bisa Anda peroleh.

5. Hindari sembelit

Sembelit bisa meningkatkan varises dan menyebabkan wasir. Jadi minum banyak air, batasi asupan gram, dan makan makanan kaya serat.Jika sembelit berlanjut, gunakan pelunak feses yang aman selama kehamilan.

6. Bicara ke dokter

Jika varises meradang dan terasa keras, gunakan kompres hangat dan angkat kaki Anda. Meskipun jarang, jika varises berwarna merah, bengkak, atau hangat, dokter mungkin meresepkan antibiotik.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini