Sukses

Studi : Remaja Sekarang Lebih Mudah Stres

Survei terbaru dari American Psychological Association (APA) menunjukan remaja sekarang lebih mudah mengalami stres akibat pola hidup.

Stres tidak hanya dialami orang dewasa, kebanyakan remaja sekarang sudah mengalami stres. Survei terbaru dari American Psychological Association (APA) menunjukan remaja sekarang lebih mudah mengalami stres akibat pola hidup seperti orang dewasa.

Survei tersebut juga mengatakan bahwa stres remaja lebih mungkin meningkat dibandingkan orang dewasa dan itu mempengaruhi kesehatan mental mereka.

"Hal ini mengkhawatirkan remaja mengalami stres sangat mirip dengan orang dewasa. Hal ini bahkan lebih memprihatinkan mereka tampaknya meremehkan dampak potensial yang stres terhadap kesehatan fisik dan mental mereka," kata Kepala Eksekutif dan Wakil Presiden dari APA, Norman B. Anderson dikutip Redorbit, Senin (17/2/2014).

Menurut Anderson, remaja sekarang perlu mendapatkan dukungan lebih baik di bidang pendidikan di sekolah dan kesehatan remaja. Penelitian ini dilakukan pada Agustus 2013, survei AS melibatkan hampir 2.000 orang dewasa dan lebih dari 1.000 remaja.

Responden remaja mengatakan tingkat stres mereka sepanjang musim sekolah jauh melampaui apa yang mereka pikirkan untuk menjadi sehat, dari skala satu sampai sepuluh remaja berada di tingkat 5,1 dan remaja 5,8.
 
"Banyak remaja yang mengaku kewalahan dan depresi serta tidak bahagia akibat stres. Lebih dari sepertiga remaja melaporkan merasa lelah dan speerempatnya lagi melewatkan makan karena stres," kata Anderson.

APA mengatakan survei tersebut menunjukkan bahwa perilaku tidak sehat yang berhubungan dengan stres mungkin mulai terjadi di awal kehidupan manusia.

Organisasi ini mencatat bahwa tingkat stres yang tinggi terkait dengan kualitas tidur yang buruk, kurang berolahraga dan pilihan diet yang buruk. Perilaku ini tidak sehat terlihat mewujudkan berbeda pada remaja dan orang dewasa .

Selain itu kebiasaan makan yang buruk dan stres juga menjadi faktor remaja menjadi lebih mudah stres

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini