Sukses

Wanita Menopause, Makin Tua Makin `Jadi`

Studi menunjukan semakin bertambah usia, aktivitas seksual wanita akan semakin meningkat.

Siapa bilang wanita yang sudah memasuki masa menopause tidak aktif lagi secara seksual. Penelitian Sebaliknya, justru makin tua makin 'menjadi'. Di usia lebih dari 40 tahun justru wanita akan menjadi lebih aktif secara seksual.

Demikian diungkapkan dalam studi yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine.

Studi tersebut melibatkan 354 perempuan berusia 40 tahun sampai pertengahan 60 tahun. Para peneliti mengajukan pertanyaan selama empat tahun, tentang menopause dan kesehatan fisik.

Pada tahun keempat, para peneliti secara khusus bertanya tentang fungsi seksual mereka. "Kami bertanya, sulit atau mudahkah orgasme. Ada masalah kekeringan vagina atau menurunnya gairah. Banyak wanita yang menjawab tidak ada masalah, dan mereka tiga kali lebih mungkin untuk melakukan hubungan intim," kata Penulis Studi dr. Holly Thomas dari University of Pittsburgh School of Medicine.

Menurut Thomas, selama empat tahun penelitian itu 85 persen wanita menjadi lebih aktif secara seksual. Mereka memiliki indeks masa tubuh lebih rendah dan menganggap seks adalah hal penting.

"Ketika Anda berhubungan dengan wanita usia masa menopause kemungkinan terus menjadi aktif. Setelah menopause, perempuan dapat menempatkan prioritas tinggi pada berciuman dan berhubungan," katanya dikutip Health, Senin (17/2/2014).

Ahli Kandungan, dr Margery Gass dari Klinik Cleveland di Ohio tidak terkejut dengan penelitian ini. "Semakin bertambah usia, kualitas aktivitas seksual wanita semakin meningkat," kata Gass yang juga sebagai Direktur Eksekutif Amerika Utara Menopause Society.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Pasangan Lanjut Usia Tak Bercinta Lagi, Itu Tak Benar
Gairah Seksual Menyala Terus Sampai Tua, Apa Rahasianya?
Hati-hati, Pria Juga Bisa Menopause

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini