Sukses

Gairah Seksual Pria yang Baru Punya Anak Cenderung Turun

Ayah baru cenderung hormon testosteronnya menurun sepertiganya di tahun pertama bayinya.

Wanita yang baru memililiki anak jangan khawatir suaminya bakal melirik perempuan lain. Pria yang memiliki anak ternyata rentan kehilangan gairah seksualnya. Hormon testosteron ayah `baru` cenderung menurun sepertiganya di tahun pertama saat bayinya baru saja lahir.

Ilmuwan di Notra Dame University menemukan, turunnya kadar testosteron pada pria juga membantu memperbaiki hubungan yang keras, memotong kemungkinan bercerai dan membuat pria lebih peduli.

Penelitian ini menemukan, sama seperti wanita, pria menjadi lebih tertarik untuk melindungi bayinya yang baru lahir dari apapun.

Para ilmuwan percaya, hilangnya dorongan seks karena efek kepekaan tersebut serta penurunan testosteron membuat pria menjadi lebih peduli dan kurang agresif.

Selain mengurangi hasrat seksual, menjadi ayah bahkan bisa membantu mencegah pilek dan batuk.

"Bukan hanya ibu-ibu yang hamil dan melahirkan, dan bukan hanya ibu-ibu yang secara bilogis menjadi orangtua," kata peneliti Dr Lee Gettler seperti dikutip Mirror, Selasa (18/2/2014).

Meski testosteron menurun, lanjut Dr Gettler, menjadi seorang ayah tak memengaruhi maskulinitas pria.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.