Sukses

Gejala Mata Alami Iritasi Akibat Abu Vulkanik

Untuk mencegah iritasi mata saat terpapar abu vulkanik jangan dikucek tetapi bersihkan dengan air bersih.

Abu vulkanik akibat letusan gunung berapi dapat mengganggu kesehatan mata. "Abu vulkanik tergolong partikel kasar. Tidak hanya paru-paru, mata juga dapat bermasalah mulai dari iritasi sampai infeksi bila dikucek," kata Dokter Spesialis mata sekaligus Direktur Jakarta Eye Center, dr. Johan A. Hutauruk MD, Jumat (14/2/2014).

Menurut dr. Johan, mata yang sudah teriritasi abu vulkanik memiliki tanda seperti merah, perih dan berair. "Mata itu kan punya proteksi nanti mata akan memberitahu kalau iritasi. Kelopak mata akan menutup, berair, pedih dan memerah," kata dr. Johan.

Tanda lainnya antara lain, mata terasa sakit atau gatal. "Bila sudah begini sebaiknya langsung bersihkan dengan air bersih, jangan mengucek mata. Karena nanti seperti mengamplas kornea dan bisa infeksi paling parah bisa buta. Makanya jangan dikucek," kata dr. Johan.

Dengan meletusnya Gunung Kelud, dr. Johan berpesan agar masyarakat selalu menyiapkan air bersih dan masker. "Hindari tempat yang paling banyak terpapar abu vulkanik. Siapkan air bersih karena mata lebih sensitif daripada kulit, pakai masker untuk menyaring abu yang ada di udara," katanya.

(Mia/Abd)


Baca Juga:

Waspada! Abu Gunung Kelud Bisa Lukai Paru-paru
Kemenkes Ingatkan 4 Hal untuk Minimalkan Dampak Letusan Kelud
Abu Letusan Kelud Sampai Cilacap, Atap Rumah Berubah Jadi Putih
Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud
Gunung Kelud Meletus, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Angkasa Pura I: 3 Bandara Ditutup Sampai Jam 12 Siang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.