Sukses

Kenapa Wanita Lebih Suka Pria Berpostur Lebih Tinggi?

Ketika berbicara cinta, ukuran terutama lebih kepada tinggi ternyata berpengaruh. Wanita lebih suka pria yang lebih tinggi.

Ketika bicara cinta, ukuran tubuh ternyata ikut menentukan. Kebanyakan wanita ternyata lebih menyukai pria berpostur tubuh lebih tinggi darinya.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Rice University dan University of North Texas mengungkapkan, wanita merasa, pria yang berpostur lebih tinggi terkesan lebih melindungi. Juga membuat aman, sensitif, dan peduli pada wanita.

Dalam dua bagian, penelitian dilakukan. Pada percobaan pertama, peneliti melihat preferensi kencan pria dan wanita dengan menggunakan data dari 925 iklan kencan pribadi yang diposting di Yahoo!.

Dari 455 pria memiliki usia rata-rata 36 tahun dan tinggi 177 sentimeter (cm). Sedangkan 470 wanita memiliki tinggi 165 cm dengan usia 35 tahun.

Dalam penelitian itu, diajukan pertanyaan terbuka dalam survei online untuk memastikan kesukaannya dengan tinggi. Peneliti menyimpulkan, 14 persen pria tertarik dengan wanita yang lebih pendek. Dan ketika datang ke perempuan, sekitar 47 persen mangatakan ingin berkencan dengan pria yang lebih tinggi dari dirinya.

"Sebagai seorang perempuan, saya ingin meraa aman pada saat yang sama. Sesuatu hanya merasa aneh dengan berpikir melihat lebih ke bawah ke mata pria," ujar salah satu responden wanita seperti dikutip DailyNews, Kamis (13/2/2014).

Untuk penelitian bagian kedua, sebanyak 54 pria dan 131 wanita dilibatkan dari Universitas AS untuk menjawab survei online. Temuan kali ini menguatkan hasil sebelumnya. Lebih dari setengah (55 persen) perempuan mengungkapkan memilih pria lebih tinggi dan 37 persen pria memilih wanita lebih pendek.

Bagi pria, wanita lebih pendek berhubungan dengan keintiman fisik. Penemuan ini dipublikasikan dalam Journal of Family Issues .

George Yancey, seorang profesor sosiologi di University of North Texas menjelaskan, penelitian menemukan tinggi lebih penting bagi perempuan untuk mendukung sistem sosial patriarki, di mana pria merupakan tokoh utama.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini