Sukses

Ristek-Kalbe Science Award 2014 Kembali Digelar

Ajang penghargaan bagi para peneliti di bidang farmasi, kedokteran, pangan fungsional, lifescience dan teknologi kesehatan hadir lagi

Ajang penghargaan bagi para peneliti di bidang farmasi, kedokteran, pangan fungsional, lifescience dan teknologi kesehatan atau Ristek-Kalbe Science Award kembali digelar.

Seperti disampaikan oleh ketua umum panitia Ristek-Kalbe Science Award 2014, Pre Agusta bahwa program yang diadakan dua tahun sekali ini bertujuan untuk mendorong peneliti Indonesia agar produktif menghasilkan karya penelitian yang orisinil, inovatif, apllikatif serta dapat memberikan nilai tambah bagi kesehatan dan kesejahteraan rakyat.

"Sosialisasi program ini juga didukung oleh Badan dan Institusi Penelitian di bawah koordinasi Kementerian Ristek dan Teknologi sehingga diharapkab jumlah peserta semakin banyak lagi," kata Pre saat acara launching program ristek di kantor BPPT, Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Pre mengatakan, animo peneliti yang mengikuti program ini selalu meningkat 20 persen setiap periodenya.

Untuk jurinya, Pre mengatakan kebanyakan diantaranya adalah guru besar universitas seperti:

1. Prof. Amin Soebandrio, dr., Ph.D, Sp.MK (Guru besar mikrobiologi Fakultas Kedokteran UI)

2. Dr. Ir. Wayan Budiastra, M.Agr (staf ahli Menristek/Rekayasa Pangan IPB)

3. Dr. Ir. Listyani Wijayanti (Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi)

4. Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt (Penasehat ahli deputi kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi)

5. Prof. Dr. Yeyet Cahyati Sumirtapura, DEA, Apt. (Guru Besar Sekolah Farmasi ITB)

6. Prof. Sofia Mubarika Haryana, dr., M. Med.Sc, Ph.D (Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM)

7. Prof. Maggy Thenawidjaja Suhartono, Ph.D (Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB)

8. Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS, Apt. (Guru  Besar Fakultas Farmasi UI)

Sementara untuk sosialisasi dan pendaftaram peserta program, mulai dari 11 februari hingga 26 Juni 2014. Yang terpenting, peserta wajib mengirimkan berkas penelitian antara lain formulir pendaftaran, profile peserta, ringkasan penelitian dan full paper penelitian, foto diri dan sebagainya yang dapat diunduh di kalbescienceaward.com.

Tak tanggung-tanggung, hadiah yang ditawarkan juga tinggi. Untuk  tiga penelitian terbaik (Best Research Award), masing-masing akan mendapatkan Rp 100 juta, Rp 70 juta dan Rp 50 juta. Untuk kategori penelitian Young Scientist Award berhadiah senilai Rp 70 juta.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.