Sukses

Batuk yang Tak Ditangani Bisa Sebabkan Masalah

Jangan menganggap remeh batuk. Jika tak ditangani bisa menyebabkan banyak masalah.

Jangan anggap remeh batuk. Jika tak ditangani bisa menyebabkan banyak masalah. Penting untuk tahu kapan Anda harus mengunjungi dokter.

"Biasanya ketika batuk berlangsung selama lebih dari seminggu dan obat tak bisa membantu Anda, itu berarti ada sesuatu yang salah. Ini adalah saat-saat terjadi komplikasi karena penyebab batuk yang tak diobati," kata Pulmonologist dari Mumbai Dr Mehul Thakkar seperti dikutip dari Health, Rabu (12/2/2014).

Komplikasi lain bisa terjadi dari sifat fisik batuk itu sendiri. Kadang-kadang sifat batuk begitu parah sehingga bisa menyebabkan muntah, fraktur khusus dari tulang rusuk, nyeri otot di belakang, inkontinensia urine atau feses. Masalah umum lainnya termasuk pingsan dan jantung berdebar-debar.

Cegah Batuk

Dr Thakkar berbagi tips untuk menghindari batuk yakni menjauh dari penderita batuk. Jika Anda sedang batuk, tutupi hidung dan mulut Anda saat batuk dengan saputangan atau tisu, atau membuang tisu setelah menggunakannya.

Cuci tangan Anda sesering mungkin dan jagalah lingkungan Anda tetap bersih. Pastikan Anda menjaga lingkungan di rumah Anda agar bebas debu dan jamur. Jika seseorang sudah batuk dalam waktu yang lama, mintalah mereka segera mengobatinya.

(Mel)

Baca Juga:

Ini Cara Lindungi Tubuh dari Tertular Flu di Kantor
Makanan Sehat Penangkal Flu Kala Musim Hujan
7 Cara Mengobati Flu Ibu Hamil Tanpa Obat Kimia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini