Sukses

Jago Baca Tulisan Tangan, Psikolog Nunki Suwardi Dianggap Dukun

Menjadi peminat grafologi awalnya dilakukan psikolog Nunki Suwardi secara tidak sengaja

Grafologi atau membaca tulisan tangan awalnya digauli Psikolog Nunki Suwardi secara tidak sengaja. Sewaktu SMP, Ia sering dipercayai gurunya untuk menulis di papan tulis. Namun karena kebiasaan menulisnya cepat, seringkali teman-teman sekolahnya sering kewalahan dan terlambat menulis.

Untuk itu, tiap kali menulis di papan tulis, Nunki akan keliling kelas untuk mengecek tulisan teman-temannya. Yang menarik, Ia melihat tulisan teman-temannya memiliki ciri khas dan akan berbeda kala senang dan sedih.

"Kalau anak yang bandel rata-rata tulisannya besar dan susah dibaca. Sementara yang pintar, tulisannya kecil dan rapi. Dan ketika mereka sedang senang dan sedih, tulisannya pun berbeda. Jadi sering nebak ke teman-teman, 'Kamu sedang bahagia ya? atau kamu sedang sedih ya?'. Dan menariknya perkataannya saya selalu benar. Sejak itu, saya dibilang sebagai peramal," kata wanita kelahiran Jawa Timur, 29 mei 1973 ini.

Menjadi populer di sekolah ternyata bukan hanya sewaktu SMP, Nungki yang ketika itu menjadi siswi SMA 1 Makassar pun mendadak terkenal karena sering diminta teman-temannya untuk menjadi 'Mak Comblang' dengan cara melihat kepribadian temannya melalui tulisan.

"Hingga akhirnya kuliah semester pertama, saya baru mengetahui kalau tulisan dan kepribadian seseorang itu memiliki kaitan yang kuat dan disebut ilmu grafologi. Waktu ada dosen baru pulang dari Amerika, dan dia punya bukunya. Saat itu juga saya langsung cari bukunya," cerita ibu yang memiliki tiga putri ini.

Nunki juga menceritakan, bahwa sejak saat itu ia terus mempelajari ilmu grafologi. Tapi ternyata ia bertemu jodohnya, dan memiliki anak sehingga kuliahnya terbengkalai di Universitas 17 Agustus Surabaya.

"Tapi saya tidak menyerah. Saya merasa buat apa ilmu ini ditinggalin. Walaupun pernah merasa lelah dan jalan di tempat, karena salah seorang dosen saya pernah mengatakan 'Kalau kamu mau jadi dukun jangan di sini'. tapi saya akhirnya melanjutkan kuliah di YAI (Yayasan Administrasi Indonesia) Salemba dan ambil mata kuliah psikologi lagi seperti sebelumnya dan semakin mempelajari ilmu ini," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman



Mendirikan Pusat Studi Psikologi Komunikasi Bawah Sadar

Sambil terus mempelajari grafologi dan menjadi dosen, pada 1997 Nunki akhirnya bertemu seorang prajurit militer yang ahli di bidang graphonomy (ilmu analisa tulisan dan tanda tangan). Dan sejak itu ia sering diajak untuk menangani beberapa kasus yang melibatkan pemalsuan dokumen dan sebagainya.

Sampai pada 2007, Nunki turut mendalami jalur-jalur komunikasi bawah sadar lainnya yaitu body languange, suara, sensing dan transmiting serta fisiognomi pada 2012. Ia pun mempelajari bagaimana mekanisme, aplikasi dan dampaknya dalam kehidupan manusia.

"Selama ini kita pikir kalau hipnotis itu harus sambil tidur. padahal, tidak perlu begitu. Karena secara kelimuan, ada ilmu lain yang bisa menunjang seseorang untuk bisa jujur tanpa harus tidur," kata wanita yang memiliki hobi membaca, renang dan memasak ini.

Karena banyaknya permintaan dan amanah untuk mengembangkan ilmu yang tergolong langka di Indonesia, Nunki akhirnya mendirikan lembaga bernama Pusat Studi Psikologi Komunikasi Bawah Sadar (Subconscious Communication Psychology Institute) untuk pengajaran dan pengembangan analisa tulisan tangan, bahasa tubuh & suara serta aplikasi-aplikasi komunikasi bawah sadar lainnya.


Biodata

Nama Lengkap: Nunki Suwardi S.Psi

Alamat: Jl. Toar I blok B IV no. 11 Kel. Tugu Utara Kec. Koja, Jakarta Utara 14260

E-mail: nunki_swd@yahoo.co.id

Status: Menikah dean memiliki tiga putri

Hobi: Membaca, renang dan memasak

Pendidikan: Fak. Psikologi Univ. Persada Indonesia YAI Jakarta tahun 1997-2000

WORKSHOP & TRAINING:

- Training for Trainer : Achievement Motivation Training (AMT) - Univ. Gajah Mada, 1993

- Relaxation & Hypnosis Workshop – Dra.Psi. Endang Persitarini, MSc. 1993

- Berbagai seminar & pelatihan prevensi serta rehabilitasi di bidang NAZA 1998 – 2001

- Forgiveness Management & Therapy, Beth Hedva, 1997

- Motivation Training – Andreas Harefa (Indonesia School of Life) 2003

- Hypnosis training – Diamond in U Hypnosis Training, Agustus 2006

- SMAsH (Super memory Al Asmaul Husna) – Sutisnawan, November 2006

- Problem Solving – Phil Morimitsu & Yeo Li Choo, Agustus 2007, 2009

- ESQ – Ary Ginanjar, Desember 2006

- Find The Magic in U - Samsul Arifin, Januari 2007

- Health Secret – Dr. Puti Liswari M.Kes, Maret 2007

- Born to be Genius, Andrew Khoo, 2008

- Financial Revolution, Tung Desem Waringin, 2008

- Mindset Revolution, Bong Chandra, 2008

- Penyembuhan Luka Batin, Shekinah, DGI, 2008

- Healing Family Tree, Pdt.Julianto, 2009

- Psikogenetik Training, Fidelis Waruwu, 2009

- Time Line Therapy, TLT Indonesia, 2009

- Relaksasi, LPT Psikologi UI, 2010

- CHD Pathology Children Graphic Analysis – DR. Dorothy Rose, 2010

- Code of Conduct, Global Compact Indonesia, 2009, 2010

- Certified Behavioral Analyst, LPSDM Persona Mandiri, 2011

- Power Sound for Healing, Diddi Agephe, 2010

- Forgiveness Therapy, Better Mind, 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini