Sukses

5 Bahan Makanan Pencegah Kanker Prostat

Tak sedikit ahli yang meyakini bahwa makanan tinggi lemak, tinggi gula, turut berkontribusi terhadap peningkatan terjadinya kanker prostat.

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang terbanyak nomor dua diderita pria di seluruh dunia. Penyakit ini memengaruhi satu dari enam pria di Amerika Serikat. Tak sedikit ahli yang meyakini bahwa makanan tinggi lemak, tinggi gula, turut berkontribusi terhadap peningkatan terjadinya kanker prostat ini.

Untuk itu, ada baiknya untuk menjaga kesehatan prostat Anda dengan cara meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, dan beralih kepada makanan sehat yang mampu menjaga kesehatan prostat tersebut.

Di bawah ini, ada beberapa jenis makanan yang mampu menyehatkan prostat Anda, seperti dikutip dari Health Line, Selasa (4/2/2014)

1. Tomat

Buah berbentuk bundar dan berwarna merah menyala ini memiliki kandungan likopen yang bermanfaat dalam pencegahan kanker prostat dan mengurangi pertumbuhan tumor pada pria dengan kanker prostat.

Dalam review 21 studi yang ada, para peneliti menemukan bahwa pria yang rutin mengonsumsi tomat mentah dan produk tomat yang dimasak, mampu mengurangi pengembangan kanker prostat dibanding pria yang jarang melakukannya.

2. Brokoli

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi sayuran brokoli, lebih rendah kemungkinannnya mengembangkan kanker prostat di kalangan pria.

Dalam satu penelitian di Kanada, peneliti menemukan bahwa makan dengan jumlah yang cukup besar, terutama brokoli dan kembang kol, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat yang agresif.

3. Teh hijau

teh hijau memiliki komponen seperti catechin, EGCG dan epicatechin, yang semuanya sedang dipelajari untuk efek terhadap kesehatan.

Saat ini sudah ada beberapa bukti yang mendukung bahwa senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau dapat mencegah perkembangan kanker prostat.

Dalam sebuah studi di Jepang, dari 49.920 pria, peneliti menemukan 48 persen penurunan risiko kanker prostat di kalangan pria yang mengonsumsi lebih dari 5 cangkir teh hijau per hari.

4. Kacang-kacangan dan kedelai

Kacang tanah dan jenis kacang-kacangan lainnya yang mengandung senyawa tanaman biologis aktif yang dikenal sebagai phytoestrogen, isoflavon, fitoestrogen, dipercaya mampu melawan kanker prostat, yang menekan pertumbuhan tumor pada sel-sel kanker prostat.

5. Jus buah delima

Selain teh hijau, buah delima juga dikenal sebagai sumber yang kaya akan antioksidan, dan telah disebut-sebut sebagai buah ajaib yang mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, yang berhubungan erat dengan stres oksidatif.

Dalam sebuah penelitian kecil dari 46 pria, peneliti menemukan bahwa minum 8 ons jus delima menunda kenaikkan kadar PSA dan meningkatkan waktu pengandaan dari 15 bulan sampai 54 bulan.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Rokok Juga Hambat Proses Pengobatan Kanker
Kanker Tak Akan Jadi `Penyakit Mahal`, Bila?
Mitos tentang Kanker yang Perlu Diluruskan
Di RSCM, Kanker Serviks Paling `Ngetop`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.