Sukses

5 Tanda Ini Bukan Anda yang Sebenarnya

Ada orang yang tak pernah mengubah ke dirinya sendiri karena situasi dan takut dikritik. Periksa lima tanda bahwa Anda bukanlah diri Anda.

Seseorang membutuhkan keberanian besar untuk menjadi dirinya sendiri. Walaupun mungkin terdengar tak masuk akal bahwa itu membutuhkan keberanian, tapi itu kebenarannya.

Ada orang yang tak pernah mengubah ke dirinya sendiri karena situasi dan takut dikritik.

Kebanyakan orang mengkhianati dirinya demi kebahagiaan orang lain atau membantu orang. Karena itu sadar atau tidak, kita cenderung mengubah diri sesuai aliran. Padahal, menjadi diri sendiri merupakan satu-satunya cara mencapai perdamaian dan sukacita yang abadi.

Anda harus memeriksa tanda-tanda bahwa Anda sedang tak menjadi diri sendiri dan segeralah kembali ke diri Anda. Periksa lima tanda bahwa Anda bukanlah diri Anda seperti dikutip Magforwomen, Selasa (4/2/2014):

1. Beri pujian yang tak sungguh-sungguh

Kadang-kadang Anda memuji orang agar Anda terlihat baik. Anda mungkin menyadari pujian yang paling pantas, tapi Anda melakukannya seperti orang lain melakukan.

Tahan pujian Anda sampai Anda menemukan sesuatu yang benar-benar layak dipuji. Jujur pada apa yang Anda suka dan tidak.

2. Bohong untuk menyenangkan orang lain

Ini umum dilakukan orang. Kebanyakan dari kita melakukannya di dalam hidupnya yakni berbohong demi menyenangkan orang lain.

Cara terbaik, tetaplah berpegang pada kebenaran dan memilih diam sebagai gantinya. Sangat sering satu kebohongan mengarah ke lainnya, dan kebohongan semakin sering dibuat dan menjadi sulit untuk berbuat yang lurus.

Jadi, jika kebenaran Anda tak menyenangkan orang lain pada awalnya, biarlah itu terjadi. Anda akan merasa senang setelah Anda merasa tulus.

3. Terlihat senang padahal tidak

Anda tak akan pernah merasa terbantu dengan menyembunyikan emosi Anda. Cepat atau lambat mereka akan mengungkapkan diri sendiri.

Jika Anda menderita dan mencoba bahagia, itu tak akan berlangsung lama. Cepat atau lambat masker Anda akan rontok dan emosi sejati Anda akan terbuka.

Cara yang lebih baik adalah bersama dengan orang-orang dan lingkungan yang membuat Anda merasa senang dan positif.

4. Tak berpendapat karena takut tak disukai

Kita semua mencoba masuk ke berbagai kalangan. Lepaskan kebutuhan untuk menyesuaikan. Jujurlah pada pendapat dan nilai-nilai Anda sendiri.

5. Anda memaksa diri melakukan sesuatu

Ada banyak yang tak Anda ingin lakukan, namun memaksakan diri untuk melakukannya agar orang lain bahagia.

Ini terjadi ketika Anda tak menjadi diri Anda. Terkadang kita mengatakan hal-hal yang tak seperti yang kita maksudkan, melakukan hal yang tak suka, bahkan bertahan dalam hubungan yang tak kita sukai. Inilah saatnya menghentikannya dan mengevaluasi serta melakukan apapun yang Anda suka, karena tak menjadi diri sendiri hanya membawa lebih banyak penderitaan.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini