Sukses

Tips Aman Gendong Bayi Baru Lahir

Salah satu yang muda menggendong bayinya yang baru lahir adalah bikin orangtua

Salah satu keraguan yang paling umum dihadapi semua ibu adalah cara menggendong bayi yang baru lahir. Memegang bayi yang baru lahir sangat penting karena tindakan ceroboh bisa membahayakan otot leher bayi Anda yang lemah.

Bagi ibu-ibu yang bingung tentang cara memegang bayi yang baru lahir, berikut beberapa tips yang mudah dan efektif sehingga membantu Anda ketika menggendongnya, memegang, serta memeluk bayi Anda tanpa tegang seperti dikutip Boldsky, Senin (3/2/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman



1. Cari posisi yang nyaman

Ada banyak cara berbeda untuk menggendong bayi. Cobalah memilih yang paling nyaman. Jika Anda bertanya kepada ibu yang berpengalaman tentang cara menggendong bayi baru lahir, mereka mungkin menyarankan Anda mengayun-ayunnnya dan meletakkannya ke bahu menjadi yang paling nyaman.
3 dari 7 halaman


2. Lakukan perlahan-lahan

Angkat bayi hanya setelah Anda yakin memegangnya dengan baik. Cara yang aman untuk memegang bayi adalah dengan meletakkan satu tangan di bawah kepala bayi untuk memberikan dukungan, sekaligus menjaga tangan Anda yang lain di bagian bawah. Ini akan membantu menjaga leher bayi Anda mendapat dukungan dan bayi pun menjadi nyaman.

Jika Anda masih tak yakin bagaimana menggendong bayi baru lahir, Anda bisa meminta dokter memberitahu teknik yang benar menggendong bayi.
4 dari 7 halaman


3. Hati-hati

Berhati-hatilah ketika mengangkat kepala bayi Anda. Selalu berikan dukungan ke kepala dan lehernya karena bayi yang baru lahir tak memiliki kontrol otot leher. Ingatlah menjaga satu tangan di belakang leher setiap kali Anda mengangkatnya.
5 dari 7 halaman


4. Bahu jadi pijakan

Angkat bayi Anda dan bawalah ia dekat dengan dada dengan kepala di atas bahu Anda. Berhati-hatilah memberikan dukungan di kepala dan lehernya dengan satu tangan, sambil menjaga sisi lain di bagian bawah. Satu hal yang perlu diketahui adalah memegang bayi baru lahir adalah meletakkannya di bahu merupakan posisi terbaik untuknya.
6 dari 7 halaman


5. Mengayun-ayun

Posisi paling umum menggendong bayi baru lahir adalah mengayun-ayunkannya. Jauhkan kepala bayi dari dada sementara letakkan tangan  dari bawah ke atas untuk mendukung lehernya. Pindahkan dengan lembut kepalanya ke lekukan lengan Anda dan berikan dukungan ke lehernya.
7 dari 7 halaman


6. Tahan dengan aman

Setelah mengangkat bayi, bawalah ia dekat dengan kehangatan Anda. Ini tak hanya membuat si kecil merasa aman dan nyaman, tapi akan membantu Anda mendapat keseimbangan saat menggendongnya. Anda bisa menahan mereka dengan meletakkannya menghadap Anda dengan lutut dan kaki menyentuh perut Anda.

(Mel/Abd)







* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.