Sukses

Imlek ala Orang Korea yang Bernama Seollal

Tidak hanya masyarakat Asia yang merayakan imlek akhir Januari ini, di Korea pun sama lebih dikenal dengan nama Seollal.

Tidak hanya masyarakat keturunan Tionghoa atau yang berada di Asia merasakan sukacitaImlek pada hari ini, Jumat (31/1/2014). Masyarakat Korea pun merayakan hal sama. Hari ini merupakan tahun baru juga untuk mereka.

Tahun baru Korea lebih dikenal dengan Seollal yaitu salah satu hari libur kalender tradisional Korea yang sama pentingnya dengan hari Chueseok.

Dikutip dari Beyondhallyu, Jumat (31/1/2014) meskipun asal-usulnya tidak jelas, banyak yang mengatakan ritual ini dikenal sejak abad keenam selama periode tiga kerajaan Korea kuno ketika kalender lunar pertama kali diadopsi.

Sebelum dan sesudah Seollal, pemerintah Korea menetapkan sebagai hari libur bersama. Makna tahun baru Korea sama dengan China yaitu berkumpul bersama keluarga dan melakukan ritual leluhur. Di pagi hari pertama Seollal, masyarakat Korea bersiap dan berdandan menggunakan Seolbim atau baju baru yang memang disiapkan untuk tahun baru.

Beberapa orang pun akan menggunakan hanbok yaitu pakaian tradisional Korea. Setelah keluarga berkumpul lalu mulai melakukan ritual leluhur. Penghormatan kepada nenek moyang dan memberikan beberapa sajian menjadi ritual awal.

Menurut kepercayaan Korea, roh para leluhur akan kembali untuk menikmati makanan yang telah disiapkan di tempat sembahyang. Sembari sembahyang, masyarakat Korea tidak lupa mengutarakan doa dan harapan supaya menjadi pribadi yang lebih baik, dilimpahkan rezeki dan keberuntungan.

Makanan Khas:

Sama seperti Imlek yang selalu identik dengan kue keranjang atau pindang bandeng, pada perayaan Seollal juga menyiapkan makanan khas. Tteokguk atau sup kue beras sebagai makanan khas, sup tradisional ini terbuat dari kaldu sapi potongan tipis dan irisan kue beras yang kenyal.

Tidak sedikit juga masyarakat Korea yang mengombinasikannya dengan telur, daging sapi, rumput laut dan bawang hijau. Menurut tradisi, makan Tteokguk pada Seollal akan menambahkan satu tahun untuk usia si pemakannya.

Pada hari sebelum Seollal, anggota keluarga berkumpul bersama untuk menyiapkan makanan liburan. Alas makanan atau piring yang akan digunakan untuk sajian juga perlu dipilih dengan baik, hal ini untuk memberikan kesan baik.

Selain Tteokguk juga ada lebih dari 20 hidangan lainnya seperti sayuran, pancake khas Korea atau yang disebut Jeon, ada juga berbagai jenis ikan, rib sup, Japchae (mie dengan daging dan sayuran) dan masih banyak lagi. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini