Sukses

Reaksi Bayi di Rahim Saat Ortu Bercinta, Minum Obat & Bermusik

Aktivitas orangtua saat bercintalah yang paling aman. Serius, mungkin karena energi ibu yang besar dan menyenangkan hatinya

Mungkin sudah banyak yang paham bahwa janin dapat mendengar apa yang orangtuanya lakukan. Tapi diantara aktivitas bercinta, minum obat-obatan (termasuk vitamin) dan bermusik, kira-kira aktivitas mana ya yang calon bayi sukai?

Yang menarik, seperti ditulis The Stir, Senin (3/2/2014) aktivitas orangtua saat bercintalah yang paling aman. Serius, memang belum ada penelitian lebih lanjut tapi mungkin karena energi ibu yang besar dan menyenangkan hatinya sehingga janin juga merasa tenang.

Lebih lanjut, cek saja bagaimana ketiga hal tersebut memengaruhi si kecil tumbuh.

Seks

Jika Anda ingin bercinta saat hamil, tidak perlu khawatir akan menyakiti bayi Anda. Karena bercinta saat hamil telah dianggap aman asalkan tidak melakukan posisi bercinta yang berisiko tinggi. Bayi Anda dilindungi oleh kantung ketuban sehingga ia akan baik-baik saja. Satu hal lagi, bercinta oral juga selama pasangan tidak meniup ke dalam organ intim Anda.

Obat

Sebuah studi baru mengatakan bahwa minum obat bahkan minum segelas kecil alkohol selama hamil dapat mengganggu kemampuan akademis anak Anda. Jadi, mungkin ada baiknya untuk tetap minum obat tapi dalam pengawasan dokter. Sekedar megingatkan, merokok dan menggunakan obat-obatan terlarag selama kehamilan bisa mempengaruhi perkembangan otak bayi sehingga sangat tidak dianjurkan.

Bermusik

Ya, bermain musik untuk calon bayi Anda di dalam rahim aman tetapi ada beberapa pedoman yang harus Anda ikuti. Jika Anda meletakkan headphone di perut Anda, Anda perlu menjaga volume di bawah 70 desibel karena janin benar-benar dapat mendengarnya dan bila terlalu keras volumenya, tentu akan mengganggu pendengarannya.

Pilihan musik juga kuncinya. Musik klasik sejauh ini adalah pilihan terbaik. Sementara musik rock dikhawatirkan akan membuat si kecil keras kepala. Ingat juga bahwa setelah 22 minggu, bayi dalam kandungan telah dapat mendengar segala sesuatu yang Anda lakukan. Jadi bukan ide baik untuk mendengarkan musik langsung di sebelah speaker besar.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.