Sukses

Mau Buang Sial? Kasih Angpao di Mulut Barongsai!

Memberikan angpao ke mulut barongsai dianggap dapat menghilangkan keburukan dan mendatangkan rezeki.

Pemberian angpao (amplop yang biasanya berisi uang) ke mulut barongsai usai penampilan saat imlek atau di perayaan lainnya ternyata punya makna khusus.

"Kalau sudah selesai penonton barongsai itu memasukan angpao ke dalam mulutnya. Ini kepercayaan masyarakat Tionghoa, dan sudah budaya seperti itu sejak dulu," kata Pembina Tim Barongsai Kun Seng Keng, Deni, Rabu (29/1/2014).

Hal ini dimaksudkan untuk membuang semua keburukan dan mendatangkan rezeki bagi si pemberi angpao. "Ang itu merah, pao itu kemasan. Jadi kemasan yang bewarna merah ini ibaratnya yang gak baiknya si orang yang memberikan. Keburukannya dimakan sama barongsai kemudian setelah itu pemberi angpao akan langsung dicuci bersih oleh barongsai. Yang buruk pergi yang baik datang," kata Deni.

Masyarakat Tionghoa berharap dengan angpao yang dimasukan ke dalam mulut barongsai dapat mendatangkan rezeki dan keberuntungan. Tidak heran banyak angpao yang didapat tim barongsai Kun Seng Keng usai bermain di salah satu pusat perbelanjaan.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Imlek di Jakarta akan Diguncang Flashmob 30 Barongsai
Kue Lapis dan Jeruk Mandarin Saat Imlek, Apa Artinya?
Menyapu Saat Hari Pertama Imlek Bikin Sial?
Master Kaligrafi Chan Gelar Pameran di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini