Sukses

Ini Cara Lindungi Tubuh dari Tertular Flu di Kantor

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari tertular flu.

Anda ingin melindungi diri dari tertular flu saat di kantor? Atau sudah terkena flu dan ingin segera mengatasinya karena begitu mengganggu? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum meraih jus jeruk. Anda bisa mengonsumsi Vitamin C dan tablet zinc, untuk membantu mengurangi gejala-gejala flu. Selain itu, cucilah tangan sebagai salah satu pertahanan terbaik.

Sayang, banyak orang yang mengabaikan suplemen Vitamin C dan menganggapnya tak berpengaruh.

Selain pengobatan medis, Anda juga bisa mencoba mencegah serta mengobati flu dengan cara alami. Cobalah gingseng, berkumur, dan menggosokkan balsem. Jika Anda minum antibiotik itu juga tak efektif karena hanya bekerja pada bakteri sementara pilek disebabkan infeksi virus.

Saat pilek, gejala yang muncul seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau meler, batuk, biasanya lebih buruk di tiga hari pertama tapi bisa bertahan hingga tiga minggu.

Sebuah tinjauan dari Dr Michael Allan, dari University of Alberta di Kanada, dan Dr Bruce Arroll, dari University of Auckland, Selandia Baru, menyimpulkan, mencuci tangan dengan bersih, termasuk menggosokkan alkohol dan memakai sarung tangan merupakan pencegahan terbaik berdasarkan temuan dari 67 percobaan.

Suplemen zinc dengan takaran 10 atau 15 mg per hari dapat dipakai anak-anak untuk menurunkan risiko flu. Para dokter percaya dengan bukti yang menunjukkan bahwa orang dewasa juga akan mendapat manfaat dari konsumsi zinc.

"Flu bisa melemahkan. Ini menyebabkan penurunan fungsi dan produktivitas di tempat kerja dan bisa memengaruhi kegiatan lain seperti mengemudi," kata Dr Allan seperti dikutip Dailymail, Selasa (28/1/2014).

(Mel/Abd)

Baca Juga :

Wanita Lebih Kebal dari Flu Ketimbang Pria
Anda Kena Flu? Perhatikan Ini Agar Tak Menularkan Penyakit
Orang Sekarang Kalau Batuk Pilek Kenapa Lama, Ya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini