Sukses

Uniknya Mitos tentang Ibu Hamil di Seluruh Negara

Di dunia, kebiasaan atau kepercayaan menarik juga dialami seorang wanita hamil.

Berbagai pantangan, kepercayaan 'ngidam' dan sebagainya ternyata bukan hanya dialami oleh ibu hamil di Indonesia. Karena di dunia, kebiasaan atau kepercayaan menarik juga dialami seorang wanita hamil.

Coba saja bayangkan, seperti dikutip laman The Stir, Selasa (28/1/2014) di Turki, wanita hamil tidak dibolehkan melihat beruang, monyet atau unta. Begitu pula di Portugal, wanita hamil dilarang memelihara kucing atau anjing karena dipercaya bisa mengancam kesehatan bayi

Lebih jelasnya, berikut kumpulan kepercayaan wanita hamil yang menarik dari beberapa negara:

1. Turki

Negara yang terletak di bagian Asia Barat ini mempercayai kalau wanita tidak dibolehkan untuk melihat beruang, monyet dan unta saat hamil.

2. Jepang

Berbeda dengan negara lainnya yang memiliki kepercayaan terkait norma budaya. Di Jepang sendiri, wanita hamil dianjurkan untuk selalu berpikir positif, membentuk pribadi yang baik dan rajin mendengarkan musik.

3. Cina

Yang unik di Cina, seorangw anita hamil tidak boleh mendekati apalagi menggunakan lem. Lem dipercaya dapat menyebabkan komplikasi pada persalinan. Selain itu, menggunting kuku saat hamil juga dipercaya menyebabkan cacat pada janin.

4. Korea

Di Korea, seorang wanita wajib memberitahu kalau dirinya hamil. Urutannya juga harus jelas, yang pertama harus tahu adalah ibu mertua, suami baru kemudian ibunya sendiri.

5. Guatemala

Berbeda dengan negara lainnya, wanita hamil di Guatemala, terutama orang-orang keturunan Maya, selama sembilan bulan tidak boleh keluar rumah. Orang setempat percaya, wanita hamil gampang terkena penyakit, roh jahat, atau niat jahat dari orang lain

6. Italia

Orang Italia percaya, kabar kehamilan seorang wanita tidak boleh ditutupi. Dia harus memberitahu orang lain segera. Jika tidak, masyarakat setempat percaya bayi akan sulit berbicara.

7. Portugal

Di Portugal, beberapa orang percaya bahwa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing harus dijauhkan dari wanita hamil untuk menghindari penyakit pada bayi.

8. Inggris

Orang Inggris berkeyakinan, denyut jantung janin dapat memprediksi jenis kelamin bayi. Kalau denyut jantungnya cepat, berarti anaknya wanita. Tapi kalau lambat berarti anak yang akan lahir laki-laki.

9. Mongolia

Yang menarik di Mongolia, dua wanita hamil tidak boleh saling bersentuhan karena masyarakat setempat percaya jenis kelamin bayi akan tertukar.

10. Sri Lanka

Hampir sama seperti di Indonesia, di Sri Lanka wanita hamil tidak dianjurkan mengonsumsi makanan asam seperti mangga, cuka dan nanas selama tiga bulan pertama kehamilan karena takut keguguran.

11. India

Wanita di India percaya bila wanita sedang hamil tidak baik mengonsumsi makanan panas dan pedas. Jadi jangan heran kalau wanita hamil di India lebih tertarik mengonsumsi makanan dingin seperti produk susu, buah-buah dan sayuran.

12. Kuba

Bila Anda mampir ke negara Kuba, jangan heran kalau wanita hamil tidak akan membiarkan siapa pun menyentuh perut hamilnya.

13. Swiss

Di Swiss, wanita hamil dilarang memberitahukan nama calon bayinya ke orang lain karena dianggap si anak bisa bernasib buruk.

14. Bali

Di pulau yang terletak di Indonesia bagian Tengah ini, wanita tidak dianjurkan makan gurita karena diyakini bahwa hal tersebut dapat menyulitkan persalinan.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.