Sukses

Trik Perbesar Peluang Agar Istri Bisa Hamil

Baik pria dan wanita perlu memikirkan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memastikan secara fisik keduanya siap untuk memiliki anak.

Ada banyak faktor yang memengaruhi kesuburan pasangan dan kemampuannya untuk hamil. Baik pria dan wanita perlu memikirkan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memastikan secara fisik keduanya siap untuk memiliki anak.

Berikut lima hal yang bisa dilakukan pasangan agar meningkatkan peluang hamil seperti dikutip GeniusBeauty, Selasa (28/1/2014):

1. Perhatikan ovulasi

Seorang wanita memiliki waktu subur, yang merupakan waktu yang paling mungkin untuk hamil. Telur bertahan hidup selama satu hari, tapi sperma bisa hidup sampai seminggu. Meskipun wanita bisa mengira kapan dia berovalusi, tapi juga perlu mempertimbangkan melakukan seks dengan teratur. Setidaknya sekali setiap dua atau tiga hari untuk memastikan seks terjadi pada masa subur.

2. Berhenti rokok, minum alkohol, kurangi kafein

Pasangan yang mencoba hamil seharusnya tak merokok. Tak hanya wanita perokok yang kurang subur dibanding wanita yang tidak merokok. Kebiasaan merokok juga bisa merusak telur dan sperma.

Berhenti merokok memang sulit sehingga pasangan sebaiknya bekerja sama dan saling mendukung agar mendapatkan bayi.

Wanita tak harus benar-benar menghilangkan konsumsi kafein, tapi batasi sekitar satu cangkir kopi sehari untuk meningkatkan peluang untuk hamil.

Meskipun tak ada penelitian pasti tentang jumlah alkohol yang aman diminum ketika mencoba hamil, namun semakin banyak wanita mengonsumsi alkohol semakin rendah kesuburannya.

Alkohol juga membuat kesuburan pria menjadi rendah. Karena itu, untuk pasangan yang ingin hamil cobalah menghindari minum alkohol sebanyak mungkin.

3. Diet sehat

Tubuh wanita membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk mempersiapkan kehamilan. Variasikan kelompok makanan dan ikuti diet seimbang menjadi kuncinya. Sayur-sayuran, buah-buahan, susu, dan protein semuanya penting.

Untuk mendukung itu semua, wanita juga harus minum multivitamin saat berusaha hamil. Tak hanya itu, berolahragalah. Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan bisa mengurangi kemungkinan hamil dan masalah berat badan bisa menyebabkan keguguran.

4. Jangan lupakan sperma

Tubuh wanita mungkin siap untuk hamil, tapi sperma sama pentingnya. Minum steroid atau hormon bisa mengganggu kesuburan.

Sama seperti perempuan yang harus mengikuti diet yang tepat, pria juga harus makan atau menghindari makanan tertentu. Misalnya asam folat dan seng menjadi vitamin yang penting. Jadi makanlah sayuran, biji-bijian, dan telur. Stres juga mengurangi jumlah sperma dan bisa membuat seorang pria sulit menghamili wanita.

6. Datangi dokter

Sebagai pasangan, Anda berdua harus memeriksakan diri. Dokter tak hanya bisa menyarankan Anda berdua untuk diet dan berolahraga, tapi dokter juga bisa memeriksakan faktor kesehatan lainnya yang mungkin memengaruhi kesuburan pasangan. Seperti obat-obatan tertentu yang bisa menurunkan kesuburan seseorang.

(Mel/Abd)


Baca Juga:

Tengah Hamil Muda, Emma Malah Terserang Kanker Usus
Ibu Hamil, Waspadai Tanda-tanda Membahayakan Ini!
Wanita Hamil Ini Kecanduan Makan & Mengendus Popok Kotor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini