Sukses

Anak Kegemukan Itu Salah Siapa?

Selain makan yang berlebihan dan aktivitas yang kurang, ternyata ada satu lagi yang dapat memengaruhi anak alami kegemukan yaitu keluarga

Selain makan yang berlebihan dan aktivitas yang kurang, ternyata ada satu lagi yang dapat memengaruhi anak alami kegemukan atau obesitas, yaitu lingkungan keluarga.

Seperti disampaikan Spesialis Anak Subspesialis Nutrisi Metabolik RSAB Harapan Kita, dr Laila Hayati, M.Gizi, SpGK, lingkungan keluarga juga memegang peran penting dalam membentuk kebiasan makan anak.

"Pemilihan jenis makanan juga dipengaruhi oleh keluarga. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa 4 dari 5 orangtua memberikan kebebasan pada anak untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi," kata Laila yang ditemui beberapa waktu lalu dan ditulis Senin (27/1/2014).

Laila menyampaikan, untuk mencegah anak obesitas, orangtua mestinya dapat membimbing anak untuk membiasakan makan dengan baik dari kecil. Ini karena apa yang sejak kecil dimakan anak akan terbawa sampai dewasa.

"Misalnya, apa yang Anda makan untuk cemilan, buah atau gorengan? Kebanyakan gorengan kan. Inilah pola makan yang salah yang akan terbawa sampai dewasa," ujarnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini