Sukses

Pikiran Ini Penyebab Maraknya Kegemukan pada Anak Zaman Kini

Menurut dokter, mindset orangtua yang masih berpikir kalau anaknya tidak gemuk berarti tidak lucu masih banyak terjadi.

Masalah obesitas pada anak Indonesia yang terus meningkat memang memprihatinkan. Beberapa penyebabnya antara  lain karena makin kerapnya anak-anak zaman sekarang mengonsumsi makanan instan. Selain itu, kecenderungan banyak duduk sambil main video game daripada bermain di luar rumah juga masih ngetren.

Spesialis Anak Subspesialis Nutrisi Metabolik RSAB Harapan Kita, dr Laila Hayati, M.Gizi, SpGK juga menengarai masih banyaknya orangtua yang memiliki pola pikir, anak tidak gemuk berarti tidak lucu juga berpengaruh pada kondisi ini.

"Hal ini jelas membingungkan saya. Banyak yang datang ke saya, bilang kalau anaknya kenapa kurus tidak seperti tetangganya yang anaknya gemuk dan lucu. Padahal setelah saya cek, anaknya memiliki berat badan ideal," tutur Laila yang ditemui saat diskusi kesehatan, Kamis (23/1/2014).

Laila menjelaskan, pola pikir inilah yang harus diubah. Karena obesitas dapat menyebabkan masalah kesehatan bukan hanya bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak.

"Agar anak tidak obesitas, yang perlu dilakukan bukanlah meminta anak untuk berhenti makan. Tapi mengubah pola makannya, meningkatkan aktivitas fisik dan melakukan diet seimbang," jelasnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.