Sukses

Reguk Ragam Manfaat Wedang Jahe Hangat di Musim Hujan

Minum jahe misalnya, selain menghangatkan tubuh saat musim hujan, juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Di musim hujan sekarang ini, minuman hangat seperti wedang jahe cukup menggoda hati untuk dinikmati. Selain menjaga agar tubuh tetap hangat, jahe bermanfaat melancarkan peredaran darah.

Seperti dilansir Boldsky, Selasa (21/1/2014), berikut daftar manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari jahe, yaitu:

1. Masalah pencernaan

Rutin minum segelas air jahe hangat dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan asupan makanan yang meningkat secara bertahap, tubuh menjadi lebih mudah mencerna makanan dan sistem kekebalan tubuh kita bertambah.

2. Sakit Perut

Menurut penelitian, jahe bisa mengkal rasa mual dan muntah. Bahkan segelas jahe atau permen jahe dianggap bisa mengurangi rasa mabuk. Hebatnya lagi, jahe tidak memiliki efek samping. Kecuali bila Anda memiliki masalah lambung. Hati-hatilah.

3. Detoks

Setelah minum segelas jahe hangat, mungkin Anda akan mulai berkeringat. Ini tandanya kalau jahe sedang bekerja melebarkan pembuluh darah, memanaskan tubuh dan memaksa racun keluar dari tubuh.

4. Antimikroba

Jahe juga bisa membantu kita melawan virus dan bakteri

5. Antiradang

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang baik. Aroma rempah-rempahnya yang khas, membuat jahe juga berguna untuk menghilangkan kekakuan dalam tubuh umumnya di pagi hari. Oleh karena itu, selain sebagai tambahan energi di pagi hari jahe juga anti radang tenggorokan.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.