Sukses

Penyakit Kencing Tikus, Paling Bahaya Kala Musim Banjir

Salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai oleh orangtua adalah penyakit kencing tikus atau penyakit leptospirosis.

Berbagai macam penyakit berbahaya mengintai ketika banjir tib, terlebih buat anak-anak. Salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai adalah penyakit kencing tikus atau lebih dikenal dengan leptospirosis.

Spesialis Anak Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr. Marissa Tania Stephanie Pudjiadi, SpA, menyebutkan, meski banyaknya penyakit yang harus diwaspadai saat banjir melanda seperti sekarang ini, tapi leptospirosislah yang cukup mengkhawatirkan. Lantas, seperti apa gejalanya?

"Gejalanya hampir sama seperti flu. Demam, kuning, dan kemudian daerah betis sakit sekali," kata Marissa dalam acara `Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak` di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta, ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (21/1/2014).

Gejala lain yang sering dirasakan adalah sakit kepala, menggigil, dan nyeri. Tak jarang pula, penderita juga mengalami diare. Jika sudah seperti ini, harus segera dibawa ke rumah sakit agar ditangani secara medis.

"Pada tahap lebih lanjut, harus diperiksa di laboratorium," kata Marissa menjelaskan.

Bagi yang memiliki luka pada kaki, usahakan untuk senantiasa memakai alas kaki tertutup agar terhindar dari infeksi yang berasal dari kuman penyakit kencing tikus ini.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Rombongan Penyakit Pengintai Pengungsi Korban Banjir
Pemerintah Tanggung Biaya Kesehatan dan Makan Korban Banjir
Korban Banjir Sudah Dijamin BPJS Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.